Parlemen

Komisi I DPRD Meranti Imbau Camat Jaga Kondusifitas dan Netralitas pada Pilkada 2020

MERANTI, RIAULINK.COM - Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kepulauan Meranti, menggelar rapat kerja (raker) bersama Camat Se-Kabupaten Kepulauan Meranti. Pertemuan membahas persoalan-persoalan terkini masing-masing kecamatan.

Rapat berlangsung pada Selasa (12/11/2019) malam di ruang Komisi 1, dipimpin oleh Ketua Komisi I Pauzi SE, dihadiri Sekretaris Al Amin A SPd,
serta anggota Muhammad Khozin MA, Auzir, Khosairi SHi MPdi, dan Dedi Putra SHi. Juga hadir Wakil Ketua DPRD Meranti H Kahlid Ali.

Adapun Camat yang hadir diantaranya, Camat Tebing Tinggi Abdul Hamid, Camat Tebingtinggi Barat Said Jamhur, Camat Tebingtinggi Timur Rayan Pribadi, Camat Rangsang Tunjiarto, Camat Rangsang Barat Syaiful Ikram, Camat Rangsang Pesisir Atan Ibrahim, Camat Merbau Wan Fakhriarmi, dan Camat Tasik Putripuyu Sugiati.

Rapat diawali dengan penyampaian H Kahlid Ali, agar masing-masing Camat melakukan penggalian serta penelusuran identitas kecamatan masing-masing terkait tanggal lahir kecamatan, sehingga kedepan bisa diadakan semacam perayaan Hari Jadi Kecamatan sekaligus sebagai moment promosi keunggulan dan potensi daerahnya.

Selanjutnya, Pauzi menyampaikan bahwa menjelang berakhirnya masa bakti Bupati, meminta seluruh Camat berkomitmen mendukung program kerja Bupati, menjaga keamanan dan kondusifitas dalam menghadapi Pilkada Kepulauan Meranti tahun 2020.

Masing-masing Camat berkesempatan menyampaikan kondisi terkini di daerahnya, terkait potensi dan permasalahan yang dihadapi. Dari persoalan kependudukan, pemekaran desa, narkoba, kebakaran hutan dan lahan, pelayanan publik, serta begbagai persoalan daerah perbatasan pada umumnya.

"Selain harus menjaga keamanan dan kondusifitas dalam menghadapi Pilkada tahun 2020, camat yang juga berstatus sebagai ASN diminta agar bersikap netral dan tidak ikut serta dalam berpolitik. Ini dimaksudkan untuk menghindari persoalan yang timbul seperti konflik dan kegaduhan di tengah masyarakat Kepulauan Meranti di tahun politik," ungkap Pauzi.

Disamping itu, Dedi Putra berharap apabila ada pertemuan berikutnya setiap Camat memiliki salinan Perda-perda Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kemudian, Al Amin juga menambahkan, agar Camat mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa baik yang sudah lama menjabat maupun yang baru saja dilantik menjadi Kades, agar senantiasa berpedoman pada aturan-aturan hukum yang berlaku dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Desa. (Aldo)