Ekonomi

UMK Dumai 2020 Naik Sebesar 5,47 Persen

Keterangan foto : Kepala Disnakertrans Kota Dumai, Suwandi

DUMAI, RIAULINK.COM - Upah minimum kota (UMK) Dumai tahun 2020 ditetapkan sebesar Rp3.289.033,30 atau diperkirakan naik sebesar 5,47 persen.

Meskipun penetapan tersebut belum disetujui oleh semua pihak Dewan Pengupahan Kota (DPK) namun ketetapan UMK itu berdasarkan hasil kesepakatan di dalam rapat anggota pada Senin, 11 November 2019 lalu.

Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai, Suwandi mengaku besaran UMK Dumai yang telah ditandatangani itu bersama DPK lainnya namun minus dari Federasi Serikat Buruh (FSB) Makanan dan Minuman Pariwisata dan Hotel (Kamiparho) Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Dumai itu tak sesuai regulasi PP nomor 78 tahun 2015 tentang pengupahan.  

"Namun karena berbagai pertimbangan serta menjaga iklim investasi dan  kelangsungan dunia usaha, maka ditetapkan besaran UMK tersebut. Semoga Dumai tetap kondusif mengenai penetapan UMK itu,"paparnya, Rabu (13/11/2019) kepada media di ruang kerjanya.

Hal ini juga sudah dilaporkan pihaknya secara lisan, untuk tertulisnya akan dikirim berkasnya terlebih dahulu yang ditandatangani oleh Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah.

"Sebab provinsi, minta berkas UMK Dumai harus diteken oleh pak wali (Zul As), tak bisa yang lain,"tutupnya.(Kll)