Metropolis

Studi Komperatif, Diskominfo Pariaman Belajar Komunikasi dan Informatika ke Dumai

Keterangan foto : Kadiskominfo Pariaman Hendri (pakai baju batik) saling menyerahkan cinderamata dengan Kadiskominfo Dumai, Muhammad Fauzi (memakai seragam ASN) usai berbagi hal informasi.(Humas)

DUMAI, RIAULINK.COM - Rombongan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pariaman berkunjung ke Kota Dumai dalam rangka berbagi ilmu dan bertukar pikiran dengan Pemko Dumai. 

Kunjungan mereka sebagai salah satu  program studi komparatif dinas setempat yang disambut langsung oleh Kepala Diskominfo Kota Dumai, Muhammad Fauzan, baru-baru ini.

Hal ini disampaikan Kepala Diskominfo Kota Pariaman, Hendri pada pemaparannya. Menurut dia, pengelolaan Kominfo di Dumai ternyata lebih maju selangkah dari daerahnya,"sebutnya lagi.

Meskipun tak ditampiknya masih banyak daerah lain seperti Bandung dan Surabaya lebih maju dalam mengelola Kominfo namun dirasa sedikit sulit untuk penerapannya karena Pariaman dirasa sangat jauh tertinggal.

"Belum lagi keterbatasan anggaran yang kita miliki, makanya kita memutuskan untuk memilih Dumai sebagai daerah tempat berbagi dala kelola Kominfo,"tutur dia.

Dikatakannya, Diskominfo Dumai mempunyai empat bidang dengan tipe A, beda dengan Pariaman yang hanya memiliki dua bidang dengan tipe C.

Dua bidang tersebut yakni e-government serta informasi dan komunikasi publik.

"Rencananya tahun depan baru kita kembangkan menjadi tiga bidang yakni dengan menambah bidang statistik dan persandian, sehingga bisa meningkat menjadi tipe B,"timpalnya lagi.

Pihaknya juga mempelajari program smart city (kota pintar) dan pelaksana pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Kota Dumai.
 
Tak itu saja, pihaknya juga sembari  promosikan pariwisata Pariaman kepada Pemko Dumai yang memiliki wisata bahari dan budaya.

"Sebab Pariaman kan kota wisata, jadi tak ada salahnya kami juga mempromosikan daerah kami (Pariaman) dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan,"katanya.

"Apalagi saat ini Dumai tengah gencar melakukan pengembangan wisata,"sebutnya lagi.

Dan terakhir, dirinya juga bersyukur karena disambut dengan hangat oleh Diskominfo Dumai. Ia juga mengungkapkan membawa rombongan bersama 25 rekan-rekan wartawan baik dari media cetak, online dan televisi.

"Alhamdulillah, dalam kunjungan ini kita disambut baik oleh tuan rumah. Tentunya apa yang kamu pelajari di sini akan kami terapkan di Pariaman, namun tetap akan kami sesuaikan dengan kebutuhan kami," ungkapnya.

Mendengar hal itu, Kepala Diskominfo, Muhammad Fauzan juga sangat senang bisa berbagi ilmu kepada Diskominfo Pariaman. 

Dalam penjelasannya, saat ini pihaknya memang memiliki sejumlah aplikasi dan program untuk mempermudah pelayanan publik yang bekerjasama dengan sejumlah pihak.

Aplikasi yang dimaksud yakni pemasangan kamera pengintai di sejumlah objek vital dan tempat startegis, dan pihaknya juga melakukan kerjasama dengan kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Kemudian pihaknya juga mempunyai aplikasi pemantau lahan kebakaran karena Dumai salah satu daerah rawan karhutla.

"Kita juga membuka layanan berupa surat elektronik yang semisalnya ada pengaduan dari masyarakat,"sebut dia merinci.

"Dan kita siap membantu Kita Pariaman untuk mengembangkan aplikasi demi memajukan Diskominfo di sana. Mudah-mudahan kegiatan silaturahmi ini bisa memberikan hal yang berguna dan positif kepada kita semua,"jelasnya

"Dan semoga tahun depan kita juga mengagendakan hal serupa ke Pariaman dalam rangka saling memberikan informasi,"tukasnya.(Kll)