Pendidikan

Rektor: UIN Suska Punya Beban Moral pada Anggota PTS

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)  Al Azhar Masmur yang berada dibawah yayasan Masmur melaksankan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman bersama Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau, Senin (11/11/2018).

MoU tersebut adalah kerjasama yang dilakukan untuk menerima mahasiswa baru akademik tahun 2020 hingga seterusnya dan hal-hal lainnya. 

Pelaksanaan penandatanganan kerjasama MOU tersebut,  dihadiri langsung oleh Rektot UIN Suska Riau, Prof H Ahmad Mujahidin, Ketua Yayasan Masmur,  Dr Hj Maimanah Umar MA, Gubernur Riau yang diwakili Kepala Biro Humas dan Protokoler, Muhammad Firdaus,  Ketua STAI Al Azhar Masmur Pekanbaru,  Dr Misharti SAg MSi, Wakil Ketua STAI Al Azhar Masmur,  Dr Husni Thamrin MA MSi,  serta para tamu undangan lainnya. 

Rektor UIN Suska Riau, Prof H Ahmad Mujahidin saat dikonfirmasi terkait penandatanganan tersebut mengatakan bahwa UIN Suska Riau selain sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) juga sebagai koordinator PT Swasta di Provinsi Riau dan juga Kepulauan Riau yang memiliki 42 anggota di dalamnya. 

"Sebagai koordinator PTS Riau dan Kepri kita mempunyai tugas untuk membina yang mana salah satunya adalah STAI Al Azhar Masmur," ucap Ahmad Mujahidin.

Lebih lanjut, Ahmad Mujahidin mengatakan bahwa UIN Suska mempunyai beban moral terhadap ke 42 anggota PTS yang berada di bawah koordinatornya dan kelewatan apabila PTS tersebut tidak berkembang.

"UIN mempunyai kewajiban moral karena izin pengesahan dan ijazahnya saya yang menandatangani. Degan demikian PTS yang ada harus hidup karena dan terkhusus STAI Al Azhar Masmur ini yang merupakan anak dari UIN," ulasnya.

"Dengan dilaksanakan penandatanganan MoU ini,  semoga STAI Al Azhar bisa berkembang dan lebih berkembang lagi kedepannya," lanjutnya.

Kedepannya, tambah Mujahidin, setelah dilaksanakan penandatanganan MoU ini, jangan hanya sekedar seremonial semata akan tetapi harus understanding dan juga action agar MoU ini berjalan dengan baik ke depannya. 

"Nantinya kita akan memperjuangkan program magister atau strata dua di Yayasan Masmur ini sehingga kedepannya STAI Al Azhar bisa menghasilkan SDM unggul di Provinsi Riau ini," pungkasnya 

Sementara itu, Ketua STAI AL Azhar Masmur,  Dr Misharti SAg MSi yang juga menjabat sebagai Anggota DPD RI asal Riau mengucapkan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Rektor UIN Suska Riau yang telah berkenan hadir di Yayasan Masmur dalam rangka penandatanganan MoU antara UIN Suska Riau bersama STAI Al Azhar terkait penerimaan mahasiswa baru akademik tahun 2020 hingga seterusnya. 

Misharti mengatakan, melihat daya tampung mahasiswa yang terbatas di UIN Suska pada saat ini, maka kami dari STAI Al Azhar siap menerima limpahan Mahasiswa tersebut. Hal tersebut, tidak lain bertujuan untuk mencerdaskan anak bangsa. 

"Melihat banyaknya calon mahasiswa yang  ingin mengenyam perkuliahan maka kami siap memberikan layanan pendidikan Perguruan Tinggi yang mumpuni sehingga hal tersebut bisa terwujud," tukas Misharti.

"Semoga kedepannya STAI Al Azhar bisa eksis dan juga menjadi salah satu PT yang banyak diminati calon mahasiswa yang ada di Provinsi Riau," tutupnya.