Ekonomi

BUMDes Harus Bisa Jadi Tulang Punggung Perekonomian Pemdes

INHIL, RIAULINK.COM - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diharapkan dapat berkembang sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Tak hanya itu pengembangan BUMDes merupakan bentuk penguatan terhadap lembaga-lembaga ekonomi desa serta merupakan alat pendayagunaan ekonomi lokal dengan berbagai ragam jenis potensi yang ada di desa.

"Keberadaan BUMDes diharapkan menjadi tulang punggung perekonomian pemerintahan desa guna mencapai peningkatan kesejahteraan warganya," Jelas Leader DMIJ Plus Terintegrasi, Syaifudin Ayub saat memberikan pembekalan pelatihan Bumdes se-Kecamatan Pulau Burung belum lama ini.

Lebih lanjut, Ia menyebutkan, untuk menambah wawasan kepada pengelola BUMDes, perlu juga pengelola melakukan studi lapangan terhadap BUMDes yang sudah berkembang dan sudah maju.

"Diklat BUMDes sangat penting dalam upaya pemberdayaan masyarakat bidang ekonomi serta pengembangan usaha BUMDes. Kalau sekarang baru tahap manajemen Bumdes, mungkin kedepan perlu diklat lanjutan yang lebih teknis," ulasnya.

Tak hanya itu, Sekcam Pulau Burung, Syafrudin, yang juga hadir pada saat pelatihan tersebut turut mendukung kegiatan yang dinilai sangat positif tersebut.

"Pelatihan pengelolaan Bumdes saya pikir sangat bermanfaat bagi pengelola Bumdes dalam rangka menambah wawasan mereka dalam membaca peluang dan tantangan perekonomian ke depan," kata Syafrudin.

Masih menurut Syafrudin, melalui pelatihan ini juga diharapkan kepada pengelola agar bisa lebih terbuka wawasannya.

"Saya pikir perlu juga ditambah pelatihan-pelatihan lain agar mereka juga mengerti bagaimana mengelola keuangan, membuat studi kelayakan sebuah usaha maupun ratifikasi peraturan agar mereka selamat dalam pengelolaan bumdes, yang mana kita ketehui setiap uang negara wajib dipertanggung jawabkan secara baik dan benar serta seefektif dan seefisien mungkin," katanya.

Di tempat terpisah, Hengky Dharma Kesuma, Fasilitator Masyarakat (FM) BUMDes sekaligus ketua pelaksana dalam pelatihan tersebut mengharapkan pelatihan ini mampu mengembangkan dan menggali potensi desa yang ada secara maksimal untuk dikelola oleh BUMDes yang diselaraskan dengan kebijakan dan khazanah lokal dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa dan mengupayakan Pendapatan Asli Desa yang berasal dari kekayaan dan potensi lokal desa. 

Hal ini bertujuan menciptakan Desa yang lebih mandiri dengan perkembangan ekonomi masyarakat yang lebih baik dengan dibukanya unit unit usaha BUMDes yang sesuai dengan potensi masing-masing desa yang ada. 

Dalam upaya mengoptimalkan potensi desa yang ada, BUMDes diharapkan dapat membantu perkembangan dan menopang kegiatan ekonomi masyarakat desa dengan Unit-unit usaha yg bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat.

Sesuai dengan visi, misi misi Kabupaten Indragiri Hilir, BUMDes kedepan diharapkan dapat berperan besar dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat desa. (Bambang)