Pendidikan

Sambut Hari Anak Internasional, Seluruh Sekolah Belajar Diluar Kelas

ROKAN HULU, RIAULINK.COM - Berdasarkan Surat himbauan dari kemendikbud Republik Indonesia dalam rangka menyambut Hari anak Internasional agar melaksakan Kegiatan Belajar diluar kelas secara serentak di Indonesia dan didunia, baik kalangan pelajar tingkat Paud, TK, SD, SLTP maupun SLTA yang akan dilaksanakan pada Kamis, 07/11/2019. 

Menurut pengakuan dari Seorang Guru MAN 1 Rokanhulu Zulfikri, M.Si bahwasanya kegiatan ini merupakan himbauan dari kemendikbud supaya anak anak bisa belajar dengan bebas dalam artian melakukan kegiatan belajar sesuai kemauan anak,

"anak anak tersebut bisa belajar bebas merasakan suasana baru dialam terbuka sesuai kemauan mereka, mau itu olahraga, belajar tentang alam maupun yang lainnya, namun tidak menuntut kemungkinan anak anak juga bisa meminta bimbingan dari guru pengajar"ungkap Zulfikri saat diwawancarai Riaulink.com via tlp. Rabu, 06/11/2019 malam. 

Himbauan belajar diluar kelas ini merupakan satu kegiatan pemerintah dalam meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan kemandirian anak dalam belajar.dengan menerapkan 17 bagian tahapan pembelajaran diantaranya seperti (PPK) Penguatan Pendidikan Karakter, Cuci tangan Sebelum dan sesudah Makan, Memeriksa Lingkungan, Mematikan Peralatan Listrik yang tidak perlu, Membaca Buku diluar Kelas, Simulasi Evakuasi Bencana alam, Senam, Bermain Mainan Tradisional, Tepuk Hak Anak dan Yel yel, Deklarasi Sekolah Ramah anak, Pelantikan Tim Sekolah, Dll. 

Sekretaris Dinas pendidikan Rokanhulu Zulkifli saat diwawancarai Via tlp mengatakan bahwasanya dalam pelaksanaan Kegiatan ini Dinas pendidikan sudah mendapatkan surat dari kementerian agar memberikan himbauan ke sekolah sekolah yang ada di Kab.Rokanhulu serta pihak dinas pendidikan juga sudah menyurati Sekolah sekolah yang ada. 

Dengan diadakannya kegiatan ini Kadis Pendidikan Rokanhulu Drs.H.Ibnu Ulya melalui Sekretarisnya Zulkifli Berharap Agar anak anak bisa Mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan anak serta mempersiapkan anak untuk bertanggung jawab terhadap kehidupan yang toleran, saling menghormati dan bekerja sama untuk kemajuan dan semangat perdamaian. 

"kegiatan ini intinya adalah guna meningkatkan karekter anak untuk bisa bertanggung jawab, toleran dan saling bekerjasama"tutupnya.(Jk)