Peristiwa

BBKSDA Riau Evakuasi Anak Gajah yang Terluka Akibat Jerat di Lubuk Umbut

SIAK, RIAULINK.COM - Tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau dengan sigap berupaya menyelamatkan seekor anak gajah sumatera liar yang terluka akibat jerat di Desa Lubuk Umbut, Kecamatan Sungai Mandau, Kabupaten Siak, Riau.

Heru Sutmantoro Kepala Bidang KSDA Wilayah 2 Balai Besar KSDA Riau Heru Sutmantoro melalui Humas BBKSDA Riau, Dian Indriati mengatakan, pihaknya mendapati laporan dari masyarakat, terkait terjeratnya seekor anak gajah di wilayah tersebut, Selasa 15 Oktober 2019.

"Tanpa menunggu waktu, kami dari Balai Besar KSDA Riau melalui Tim Rescue, langsung bergegas turun ke lokasi kejadian," katanya.

Diceritakannya, kejadian berawal dari warga yang melihat gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) tersebut tampak sendirian berendam di sungai, dan sudah ditinggalkan kelompoknya. 

Setelah tim sampai ditempat kejadian, lokasi gajah sumatera (elephas maximus sumatranus) tersebut ternyata berada di konsesi PT Arara Abadi Distrik Melibur.

"Masyarakat sangat membantu kami mengawasi posisi satwa tersebut agar selalu terpantau hingga kami dapat mengevakuasinya," ujarnya.

Kemudian tim segera melakukan pelepasan jerat nilon yang kuat mengikat anak gajah berjenis kelamin jantan tersebut.

"Setelah di cek, diperkirakan usia anak gajag berjenis kelamin jantan itu sekira 1 tahun," ujarnya.

Usai melepas tali nilon yang menjerat kaki anak gajah itu, gajah terlihat melemah, sehingga tim BBKSDA Riau memutuskan untuk dilakukan tindakan medis darurat di lokasi.

Rencananya anak gajah tersebut akan dievakuasi dari lokasi tersebut. Proses evakuasi juga melibatkan dua ekor gajah sumatera jinak.

"Saat ini, upaya evakuasi masih dilakukan dengan pengawalan dua gajah jinak yang bernama Bankin dan Indah," pungkasnya.

Diketahui, Gajah tersebut akan menjalani perawatan dan pemulihan intensif di Pusat Latihan Gajah ( PLG) Riau di Minas hingga kondisinya membaik. (MRI)