Peristiwa

Kabut Asap Pekat, Sejumlah Penerbangan ke Jambi Ditunda

Foto: Jembatan Gentala Arasy Nyaris Hilang dari pandangan akibat kabut asap

JAMBI, RIAULINK.COM- Kabut asap pekat imbas karhutla yang menyelimuti Kota Jambi pada hari ini membuat penerbangan terganggu. Tercatat ada 2 penerbangan yang ditunda hari ini.

"Harusnya dua maskapai milik Lion dan Garuda itu sudah berangkat dari Jakarta dan mendarat di Bandara Jambi pada pukul 06.30 WIB atau jam 07.00 WIB tadi, tetapi karena pekatnya kabut asap maka terpaksa dua penerbangan dari Jakarta menuju Jambi pada pagi tadi ditunda," kata Eksekutif Genderal Manager Bandara Sulthan Thaha Jambi, Hendra Irawan kepada detikcom, Rabu (16/10/2019).

Penundaan penerbangan itu terjadi beberapa jam karena jarak pandang di Kota Jambi mengalami penurunan hingga mencapai 300 meter. Jarak pandang itu merupakan jarak pandang yang paling minim terjadi sejak kabut asap menyelimuti Kota Jambi tersebut.

"Kalau sekarang mungkin dua maskapai itu sudah terbang karena jarak pandang sudah mulai membaik. Tetapi tadi ada juga sebagian penumpang yang cancel penerbangan mereka karena kabut asap. Namun sekarang kondisi sudah membaik lagi," ujar Hendra.

Sementara akibat kabut asap pekat yang menyelimuti Kota Jambi hari ini membuat pihak sekolah dari tingkat SD, SMP dan SMA memulangkan siswa-siswi mereka lebih awal. Hal itu dilakukan karena kualitas udara masuk dalam level berbahaya.

Bahkan jembatan Gentala Arasy yang merupakan ikon di Jambi seolah lenyap akibat kabut asap yang pekat. Kondisi udara di Jambi juga dalam kategori berbahaya akibat kabut asap.