Riau

Tingkatkan Kemampuan Para Calon Peserta MTQ Provinsi Riau, Ini Upaya yang Dilakukan Pemkab Inhil

RIAULINK.com - Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Inhil, HM Arifin menyatakan Guna meningkatkan kemampuan para calon Peserta Musabaqah Tilawatil Quran(MTQ) yang nantinya akan bertanding di tingkat provinsi Riau, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir(Inhil) mengadakan uji coba terhadap Qori-Qoriah. 

Dimana para Qori-Qoriah sudah dilatih selama 25 hari lamanya. Uji coba ini diadakan bertempat di Mesjid Yayasan Amalbhakti Muslim Pancasila (YAMP) Jalan Baharuddin Yusuf, Tembilahan, Sabtu (24/11/2018) Pagi.

"Kita ingin uji coba setelah 25 Hari lebih mereka latihan, dengan berhadapan langsung dengan guru mengaji dan pelatih," kata Kabag Kesra HM Arifin. 


Dalam uji coba itu dibuat seakan tampil persis seperti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) dengan persiapan secara para Qori-Qoriah secara mental diharapkan dapat lebih baik. 

" Seakan-akan mereka tampil di mimbar, dengan uji coba ini nanti para pelatih bisa mengoreksi seperti apa lagi dan masih ada 2 hari lagi pelatih bisa memperbaiki lagi, kemarin berhadap-hadapan , salah betulkan-salah betulkan sekarang se akan-akan atas mimbar, " jelas HM Arifin. 

Tujuannya dijelaskan Kabag Kesra, agar nanti tampil di tingkat provinsi betul-betul siap karena sudah tau seperti apa tampil walaupun kemarin ditingkat kabupaten dengan cara mereka. sekarang dengan cara diajarkan pelatih yang senior seperti Hj. Nur'ani,Hj. Musdalifah,Hj. Sumiati Tarmizi Ahmad,Helmi Rasyid dan lainnya. 

"Harapan kita upaya-upaya kita bagaimana bisa tampil baik dan berprestasi dan mencari kiat-kiat tampil yang maksimal  dan anak-anak kita dengan pengalaman ini bisa lebih baik," tambahnya. 

Uji coba yang diadakan di  Mesjid Yayasan Amalbhakti Muslim Pancasila (YAMP) ini terbuka untuk umum, bagi  masyarakat yang ada waktu  silahkan datang dan sekaligus mohon do'anya. 

Sebagaimana yang sudah disampaikan pelatih terdahulu kalau sudah diatas mimbar itu kemampuan bisa turun 70%, bahkan sampai 50% , napas yang panjang yang dulu, sampai di mimbar bisa pendek, makanya di latih tampil seperti Betul-betul seperti di mimbar. 

"Persiapan kita terus di tambah,  maksimal terus , mudah-mudahan dengan maksimal ini nanti bisa lebih siap lagi," jelasnya. 

Untuk pakaian pihaknya sudah persiapkan, untuk pemodokan Pekanbaru , katering dan mudahan tidak ada kendala. 

"Insa allah tgl. 26 November 2018 kafilah kita pulangkan dulu karena mereka sebagian santri atau pelajar karena tgl. 1 sampai 8 Desember 2018 mereka ujian semester , jadi kita berikan kesempatan mereka untuk belajar untuk ujian dan setelah ujian tanggal 9 Desember 2018 kumpul lagi di tembilahan dan tanggal 10 Desember 2018 berangkat ke Pekanbaru , tanggal 11 desember 2018 pendaftaran,  dan tanggal 12 desember 2018 Pembukaan, " paparnya.