Metropolis

Pertamina Tingkatkan Kesadaran Insan Karyawannya Terhadap Isu Pemanfaatan Energi

Keterangan foto : GM Pertamina RU II Dumai, M Dharmariza saat membuka kegiatan Bulan Energi 2019 dan lomba poster pelajar 2019. (Hlc)

DUMAI, RIAULINK.COM - PT Pertamina (Persero) RU II Dumai menggelar Bulan Energi 2019.

Demi mewujudkan lingkungan kerja yang memiliki kesadaran tinggi dalam pemanfaatan energi.

Kegiatan ini sudah menjadi agenda rutin sejak 2017 lalu yang dibuka oleh General Manager Pertamina RU II Dumai, M Dharmaza di gedung utama Pertamina, Jumat (11/10/2019).

Dalam sambutannya Dharmariza menyampaikan kegiatan ini merupakan turunan dari kebijakan pimpinan Pertamina pusat untuk semakin meningkatkan kesadaran insan Pertamina maupun keluarga terhadap isu pemanfaatan energi. 

Sejak tahun 2017, unit operasi Pertamina di seluruh Indonesia diimbau untuk menggelar rangkaian kegiatan pada triwulan IV setiap tahunnya.

Diharapkan dapat terus meningkatkan kesadaran dan pemahaman keluarga besar Pertamina terkait isu energi. 

"Karena menumbuhkan budaya sadar energi merupakan tantangan bagi kita semua, tidak terkecuali bagi insan Pertamina,"ucap dia. 

Sebagai BUMN yang memiliki tugas pemenuhan 20 persen kebutuhan energi nasional, sudah tentu setiap proses kerja patut diterapkan prinsip-prinsip kesadaran energi.

"Agar dapat meningkatkan efektivitas kerja dan efisiensi di berbagai bidang," kata Dharmariza. 

Menurut dia selain mengangkat isu energi secara global, kegiatan ini untuk mengangkat informasi pencapaian penghematan energi di lingkungan operasional kilang RU II.

"Tentunya sebagai bentuk apresiasi juga motivasi untuk pencapaian efisiensi energi yang lebih baik di masa mendatang,"ucap dia.

Sebagai contoh di Pertamina RU II memiliki Program Efisiensi bernama Zero Steam Leak di unit - unit produksi yang menciptakan penghematan dari saving lossess steam setara dengan Rp10 miliar per tahun. 

"Program ini sudah secara kontinyu kami jalankan sejak 2014 dan diharapkan dapat menjadi penyemangat para pekerja dalam menciptakan inovasi dan efisiensi serupa,"ungkap dia memaparkan. (Kll)