Lifestyle

Cegah Kehamilan, Delapan Pria di Dumai Lakukan Operasi Vasektomi

Ilustrasi.int

DUMAI, RIAULINK.COM - Pemerintah Kota (Pemko) Dumai komitmen menggalakan program pemerintah pusat dalam rangka mengendalikan pertumbuhan penduduk 

Dimana program yang dimaksud adalah keluarga berencana (KB) yang tidak hanya diperuntukan bagi perempuan saja dengan menggunakan alat kontrasepsi melainkan laki-laki juga yakni menjalani operasi vasektomi demi mencegah kehamilan.

Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Dumai sendiri telah melakukan operasi vasektomi itu sendiri kepada delapan pria di RS Prima Kota Pekanbaru belum lama ini.

Ke delapan pria itu secara sadar ikut program pengendalian penduduk melalui KB.

Kepala Bidang PPKB di Dinas PPKB Kota Dumai, Muhammad Fadhly mengatakan semula pihaknya mengagendakan 10 pria yang berkeluarga melakukan vasektomi, ternyata sudah delapan yang berminat dan bersedia.

Vasektomi yang dijalankan ke delapan pria tersebut dengan menggunakan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) berupa vasektomi atau operasi pemotongan vas deferens.

Dimana saluran berbentuk tabung kecil di dalam skrotum yang membawa sperma dari testis menuju penis agar akses sperma menuju air mani jadi tertutup sehingga mencegah pembuahan.

Untuk diketahui bahwa vasektomi bukanlah proses kebiri. Karena dengan vasektomi pria masih bisa ereksi dan tidak memengaruhi kejantanan pria.

“Sangat jarang memang laki-laki mau operasi Vasektomi ini. Tapi Alhamdulillah kota Dumai sudah berhasil melaksanakannya terhadap delapan orang laki-laki berkeluarga,”tukasnya.(Kll)