Metropolis

Dekat Permukiman Warga, Farika Beton Readymix Akan Ditinjau Ulang

Keterangan foto : lokasi batching plant PT Farika Beton Readymix

DUMAI, RIAULINK.COM - Keberadaan pabrik pengolahan semen beton curah (readymix) Farika yang berlokasi di ruas Jalan Soekarno - Hatta, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai akan ditinjau ulang keberadaannya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Rumah (PUPR) Kota Dummai, Eng Mohammad Syahminan melalui Kepala Bidang Tata Ruang Dinas PUPR Kota Dumai, Farid kepada riaulink.com, Selasa (24/9/2019) siang mengatakan sesuai perkembangan kota, keberadaan perusahaan batching plant (salah satu alat konstruksi untuk memproduksi ready mix) milik PT Farika Beton Readymix dianggap sudah tak layak lagi.

"Karena terlalu dekat dengan pemukiman warga dan terlalu dekat dengan SBJ (sepadan badan jalan),"ungkap dia 

Lebih jauh dikatakan jika izin lokasi Farika sudah dari jaman Dumai baru menjadi status kota, sehingga tak layak lagi pengoperasiannya di area tersebut

Dikatakannya, pihaknya saat ini tengah melakukan peninjauan ulang supaya segera dipindahkan.

“Izinnya sejak pak Wan Syamsir jadi Wali Kota Dumai (pertama), kalau sekarang tentu saja sangat tidak layak karena terlalu dekat dengan pemukiman warga,” tegasnya.

Di lain kesempatan, Afran salah seorang warga setempat juga mengiyakan perihal tersebut. Ia memaparkan agar lokasi pabrik jauh dari permukiman warga.

"Karena menurut aturan yang saya ketahui, pabrik tersebut setidaknya berada pada jarak yang minimal 15 meter dari bahu jalan, agar warga tidak terkena dampak polusi dari pabrik ready mix,"ungkap dia. 

"Untuk itu kita berharap agar dinas terkait segera mencarikan solusinya, dengan merekomendasikan lokasi baru,"tukas dia. (Kll)