Riau

Desa Sungai Cina Wakili Meranti di Lomba PHBS se Provinsi Riau

MERANTI, RIAULINK.COM - Tim Penilai Lomba PHBS dari Provinsi Riau melakukan Penilaian terhadap desa Sungai Cina, Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Kepulauan Meranti. Selasa, (17/09/2019). 

Sebagaimana dikatakan Kadis Diskes Meranti Drg Ruswita melalui Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Muhammad Hasrin, SKM kepada Wartawan menjelaskan kalau PHBS adalah semua perilaku kesehatan yang dilakukan atas kesadaran sehingga anggota keluarga atau keluarga dapat menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan dan dapat berperan aktif dalam kegiatan – kegiatan kesehatan dan berperan aktif dalam kegiatan–kegiatan kesehatan di masyarakat. 

"Desa Sungai Cina merupakan desa Perwakilan Kabupaten Kepulauan Meranti dalam lomba PHBS tingkat Provinsi Riau dan ini langsung dinilai dari Tim Provinsi Riau melalui Dinas Kesehatan Provinsi dan Tim Penggerak PKK Provinsi, " ungkapnya. 

Diketahui Hasrin, untuk diketahui
PHBS itu jumlahnya banyak sekali, bisa ratusan. Misalnya tentang Gizi: makan beraneka ragam makanan, minum Tablet Tambah Darah, mengkonsumsi garam beryodium, member bayi dan balita Kapsul Vitamin A. Tentang kesehatan lingkungan seperti membuang samapah pada tempatnya, membersihkan lingkungan.

"Mudah-mudahan PHBS desa Sungai Cina memperoleh nilai yang baik seluruh Riau. Dan mari sama-sama kita melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat, " bebernya. 

Ditempat terpisah, Sekretaris Diskes Meranti Asrul Meldi juga memaparkan kalau dirinya mewakili Kadis Diskes Meranti Drg Ruswita untuk mendampingi Tim dari Provinsi Riau yakni Dinas Kesehatan Provinsi dan tim Penggerak PKK Provinsi Riau untuk mengambil nilai terkait Phbs di desa Sungai Cina. 

"Tadi semua Buku Kegitan PKK desa sudah diperlihatkan kepada Tim, dan kita belum tau apa hasil dari penilaian ini.  Yang jelas kita menargetkan desa Sungai Cina masuk tiga besar se Riau, " ujarnya. 

Untuk diketahui, turut hadir Hj. Nurlaili Tim PKK Provinsi Riau, dan dari Tim Kesehatan Provinsi Nova Mayasari, SKM, Zulyani, SKM
Ranti Suawita, AMK. 


Untuk diketahui, Rumah Tangga Sehat adalah rumah tangga yang melakukan 10  (sepuluh) PHBS di Rumah Tangga yaitu :

-Persalinan ditolong oleh tenaga kesehatan

-Memberi ASI ekslusif

-Menimbang bayi dan balita

-Menggunakan air bersih

-Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun

-Menggunakan jamban sehat

-Memberantas jentik di rumah

-Makan buah dan sayur setiap hari

-Melakukan aktivitas fisik setiap hari

-Tidak merokok di dalam rumah. (Aldo)