Riau

Bupati Meranti: Mari Bersama Antisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan

MERANTI, RIAULINK.COM - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara Hari Kesadaran Nasional dan Hari Perhubungan Tahun 2019, Bertempat di Halaman Kantor Bupati Meranti, Selasa (17/9/2019).


Danramil Selatpanjang Mayor TNI Irwan, Wakapolres Meranti Kompol. Irmardison, Perwakilan Imigrasi, Danposal Selatpanjang, Jajajaran Forkopimda, Asisten III Sekdakab. Meranti Drs. H. Rosdaner, Kepala BKD Meranti Alizar S.Sos M.Si dan Jajaran Pejabat Eselon II Dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH dan Jajaran Pejabat Eselon III, Para Camat dan lainnya.


Dalam pidatonya, dihadapan seluruh peserta Upacara menyikapi Kebakaran Lahan dan Hutan di Riau serta Kabut asap yang mulai menyelimuti Kepulauan Meranti, Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, meminta kepada ASN dan masyarakat dimana saja berada untuk mensosialisasikan dan saling ingat mengingatkan agar tidak membakar lahan, serta berperan aktif dalam mengamankan bencana asap yang dihadapi Riau saat ini. Dan bagi masyarakat diingatkan untuk mengurangi aktifitas diluar ruangan andaikata harus beraktifitas diluar ruangan Bupati menyarankan untuk menggunakan masker agar tidak terkena gangguang pernafasan.


"Mari bersama kita berperan aktif dalam mengantisipasi Kebakaran Hutan dan Lahan diwilayah kita agar negeri ini terbebas dari bencana Kabut Asap," ujar Bupati.


Selanjutnya menyampaikan sambutan dari Menteri Perhubungan RI, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si mengatakan, Upacara Bendera tanggal 17 September 2019 yang diperingati sebagai Hari Perhubungan Nasional (HARHUBNAS), memiliki makna yang mendalam bagi insan perhubungan untuk melakukan instrospeksi diri atas pelaksanaan tugas di sektor perhubungan. 


Peringatan Harhubnas dimaknai sebagai momentum untuk merenungkan kembali terhadap kinerja dan berbagai peristiwa yang terjadi di sektor Perhubungan serta menyatukan persepsi dan tekad untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 


"Oleh karena itu, saya menyambut baik tema Hari Perhubungan Nasional Tahun 2019 ini yaitu Merajut Nusantara Membangun Bangsa, Bakti Nyata lnsan Perhubungan Untuk Indonesia Unggul," ujar Bupati.


Indonesia Maju”, untuk mempresentasikan bagaimana seluruh Insan Perhubungan dan seluruh stakeholder bersamasama secara nyata membangun konektibilitas yang sinergi guna mewujudkan transportasi yang berkeselamatan bagi seluruh masyarakat pengguna transportasi di seluruh Indinesia. 

Kemudian dijelaskan Bupati, sektor perhubungan memiliki peranan yang amat strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Keberhasilan pembangunan sangat dipengaruhi oleh peranan transportasi sebagai urat nadi kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pertahanan keamanan. Karena perananya yang teramat strategis, maka segenap Sumber Daya Manusia (SDM) Perhubungan dituntut memperkuat kembali komitmen dan dedikasi untuk bekerja keras yang nyata di sektor transportasi, karena hal ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan bangsa dan memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Indonesia. 


Lebih jauh Bupati berharap peringatan Harhubnas 2019 hndaknya dapat menjadi wahana meningkatkan prestasi, memperkokoh rasa persatuan, persaudaraan dan kekeluargaan segenap insan Perhubungan di manapun berada. Serta semoga semangat Harhubnas ini dapat meningkatkan memberi semangat kerja bagi pembangunan transponasi di seluruh pelosok tanah air. 

Sebagai wujud nyata bakti Perhubungan pada tahun ini Kementerian Perhubungan menyelenggarakan kegiatan edukasi bertajuk Perhubungan Mengajar di 34 Provinsi di Indonesia. Kegiatan merupakan salah satu cara pengenalan kepada generasi muda calon penerus yang bercita-cita akan berkiprah dibidang transportasi. Perhubungan mengajar menitikberatkan pada empat nilai yang disingkat menjadi AGLE, Aman dalam bertranspor‘tasi, Giat menjadi teladan dalam berperilaku bertransportasi dan agen perhubungan, Menjadi pionir SDM unggul yang paham akan pentingnya keselamatan bertransportasi, dan penyampaian pesan dengan Edukasi kepada masyarakat.


Terakhir Bupati berharap apa yang dicita-citakan sesuai semboyan Perhubungan yaitu “ Wahana Manghayu Warga Peniwi”, yang artinya Perhubungan adalah wahana untuk menyejahterakan bangsa dan Negara dapat diwujudkan. (Rilis/Aldo)