Lingkungan

Pasi Ops Kodim 0314 Inhil Pimpin Langsung Pemadaman Karhutla di Tempuling

INHIL, RIAULINK.COM - Kapten Inf Tarmizi selaku Pasi Ops Kodim 0314/Inhil mewakili Dandim 0314/Inhil Letkol Inf Andrian Siregar, S. I. P memimpin langsung pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Parit Minang Kecamatan Tempuling, Sabtu (14/09/2019).

Seperti tak mengenal lelah, meski usianya yang sudah lumayan tua, Pasi Ops Kodim 0314/Inhil Kapten Inf Tarmizi setiap hari tetap setia mendampingi para Prajuritnya dilapangan dan bersama sama mengisap pekat dan pedihnya asap tebal yang ditimbulkan Oleh api Karhutla.

Bahkan pada hari ini, beliau yang bertanggung jawab penuh mewakili Komandan Kodim 0314/Inhil di lapangan.

Disela sela kesibukannya, Kapten Inf Tarmizi mengatakan, ada Sekitar 60 Personil lebih anggota staf Kodim bahkan para Perwiranya dikerahkan untuk membantu Koramil-koramil jajaran Kodim 0314/Inhil yang wilayahnya banyak terdeteksi titik api. Diantaranya adalah Koramil 12/Batang Tuaka dan Koramil 03/Tempuling.

Untuk di Tempuling memang paling banyak titik apinya, namun di tempuling kita dapat Bantuan personil dari Yon Arhanudse 13 sebanyak 15 Personil. 

"Jadi untuk anggota Ma Kodim lebih banyak di kerahkan ke wilayah Batang Tuaka,"jelasnya

Selain itu, Kapten Inf Tarmizi juga menjelaskan bahwa pada hari ini, akan di datangkan Bantuan satu Unit Helly Copter dari BPBD untuk melakukan Bom Air (Water Boom). Dan Alhamdulillah helly tersebut sudah tiba dan sudah melakukan penyiraman dari udara.

"Saat ini, helly tersebut di arahkan untuk memadamkan di parit 6 dan parit 7 karna di situ memang yang paling sulit untuk diatasi karena tidak ada persediaan air yg bisa di sedot mesin untuk memadamkan api," 

"Kita berharap dengan di tambahnya personil dari Yon Arhanud dan di datangkannya helly copter water Boom, api karhutla di tempuling bisa segera teratasi, dan di mohon kepada para Kepala Desa agar bisa menggerakan masyarakatnya untuk membantu kami (TNI), "harapnya.