Metropolis

ODGJ yang Acak-acak Sekolah di Meranti Dikirim ke Pekanbaru

ilustrasi.net

MERANTI, RIAULINK.COM - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3APPKB) Kepulauan Meranti, Riau telah memberangkat kan ODGJ Ke Pekanbaru. 

Hal ini dibenarkan langsung oleh Kepala Dinsos P3APPKB Meranti Agusyanto Bakar kepada Wartawan, Rabu (11/09/2019) pagi, menjelaskan kalau keberangkatan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang mengamuk dan mengacak - acak perlengkapan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 013 Kelurahan Selatpanjang Kota, Kamis (05/09/2019) sudah berangkatkan. 

"Jum'at (06/09/2019) sore kita berangkatkan. Keberangkatan ODGJ juga didampingi anggota Satpol PP Meranti dan pegawai Dinsos Meranti," ungkapnya. 

Diakui pria yang baru menjabat satu bulan ini, selama dirinya mengabdi Dinsos P3APPKB Meranti sudah 3 ODGJ kita berangkat kan ke Pekanbaru. 

"Mudah-mudahan dengan adanya perawatan khusus di Pekanbaru ODGJ tersebut bisa kembali normal, " ujarnya. 

Kepala Satpol PP Kepulauan Meranti, Helfandi SE MSi., mengatakan pihaknya tetap komitmen dan bersinergi membantu mengamankan ODGJ.

"Terkait ODGJ, Satpol PP tetap komit dan bersinergi membantu tugas mengamankan orang gangguan jiwa. Ini tugas bersama Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan, Satpol PP tetap akan memback Up," kata Helfandi. 

Selain itu, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan, M Fahri mengungkapkan pihaknya kesulitan untuk menanggani ODGJ tersebut, pasalnya tidak memiliki keluarga.

"Kita kesulitan untuk menangganinya, dikarenakan orang tersebut tidak memiliki keluarga disini, jadi ketika diberikan obat, apakah bisa dipastikan dia akan memakan obat itu. Sedangkan untuk merujuknya ke RSJ itu ada leading sector yang akan menanganinya," kata Fahri. (Aldo)