Metropolis

Tim Terpadu Pemprov Gandeng BNN Riau Berantas 'Barang Haram'

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Tim terpadu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) yang telah dibentuk Pemprov Riau, kemaren. Upaya ini sebagai bentuk pencabaran intruksi Presiden No 6 tahun 2018 dan dijabarkan lagi dalam Permendagri No 12. 

Dalam tim terpadu, Pemprov Riau juga menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Riau dalam persekutor narkoba. Selain itu juga penyusunan rencana aksi dilapangan untuk berikan penyuluhan kepada masyarakat tentang bahaya narkoba. 

"Selain itu, bapak Gubernur Riau juga telah mengeluarkan SK yang secara terpadu dari berbagai instansi dikomandoi langsung BNN Provinsi Riau yang bekerjasama dengan pemerintah," kata Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution kepada riualink.com, Senin (2/9/2019).

Proses pelaksana dilapangan, kata Edy mengatakan pemerintah pusat memilih BNN Riau sebagai ujung tombak pemerintah daerah untuk penanganan masalah narkoba yang kini tengah instens diwilayah Riau. 

"Harapan kita dilaksanakan sinegritas ini tentu hasil kedepan akan lebih baik," sambung Edy. 

Sementara jalur komunikasi yang dilakukan pihaknya ini, menurut Edy tentunya dapat benar-benar diperdayakan melalui organisasi tim terpadu ini. Sehingga masyarakat dengan mudah memberikan masukkan guna pencegahan beredarnya narkoba.

"Untuk didaerah yang susah dijangkau, segera laporkan. Nanti tim terpadu ini akan datang ketempat tujuan itu," sebut Edy. 

Terkait penyusunan rencana aksi, Edy menyebut akan dilaksanakan dalam minggu pertama bulan ini. Sejatinya Edy mengatakan, rencana aksi ini dapat masuk kembali setelah 2.5 bulan dengan langsung dilakukan bersamaan evaluasi. 

"Diujung akhir tahun (2019) kita akan membuat laporan terkait perkembangan hasil kerja tim terpadu yang di Riau," kata Edy. 

Menutup perbincangan, Edy menambahkan dalam waktu bertahap pihaknya akan melaksanakan tes urine disetiap masing-masing instansi. Sasaran itu,  meliputi para calon ASN, Polri dan TNI. 

"Salah satu kiteria keberhasilan yang dicapai, terdapat adanya upaya terlaksananya tes urine besok," tutup Edy. (Emi)