Sosial

Lestarikan Gasing, Kadisparpora Meranti Apresiasi 'GAM'

MERANTI, RIAULINK.COM - Kadis Disparpora Meranti Riski Hidayat berjanji jika permainan gasing di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, banyak diminati maka pihaknya akan mengadakan turnamen di tingkat umum.

Ia mengatakan, tentunya dari Pemerintah Kabupaten Meranti sangat memberikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi tingginya kepada Pengurus Gasing Anak Melayu (GAM) yang telah berinisiatif dan bersusah payah untuk membuat turnamen permainan gasing ini.

"Tentunya juga permainan gasing ini telah menjadi permainan Rakyat di Dunia ini dan tidak saja hanya ada di Indonesia, selain sebagai ajang menjalin tali silaturahmi, ini juga merupakan seni untuk permainan gasing. bagi yang pandai strateginya, maka itulah letak dari seni permainan gasing tersebut," kata Rizki Hidayat. 

"Bagi anak-anak, Maupun orang dewasa pecinta gasing, kami mengharapkan kira nya dapat belajar bermain gasing, dikarenakan ini merupakan seni serta keterampilan dari permainan gasing," jelasnya.

Dikatakan mantan Camat Tebingtinggi ,Untuk itu, kiranya agar dapat mengembangkan permainan gasing ditempat masing masing, sehingga bisa diajarkan untuk anak-anak nantinya.

"InsyaAllah jika permainan gasing ini banyak diminati maka kita akan membuat turnamen tingkat umum. Selain itu, kita berharap permainan ini bisa membawa nilai-nilai positif," tambahnya. 

Seperti yang disampaikan Syaiful, Ketua GAM menjelaskan, turnamen ini dalam Rangka memeriahkan HUT Ke-74 RI serta membangkitkan kembali dan mengembangkan permainan budaya lama supaya tidak hilang ditelan zaman. 

"Kegiatan ini bertujuan sebagai memberikan nuansa baru khususnya untuk masyarakat di Merbau (Teluk Belitung).Tentunya kegiatan ini diharapkan bisa kita lestarikan dan kita budayakan kembali di Kabupaten Kepulauan Meranti," harapnya. 

Permainan gasing merupakan permainan yang sudah lama sejak zaman dahulu, terang Syaiful, untuk itu saat ini hampir sudah dilupakan oleh masyarakat.

"Semoga dengan adanya Turnamnen Gasing ini, bisa kita angkat kembali dan bisa kita tumbuhkan, mengingat pada zaman sekarang ini telah banyaknya permainan yang sesuai dengan perkembangan zaman," tambahnya.