Sosial

Panggung Seni Rakyat Dibuka di Dumai

DUMAI, RIAULINK.COM - Wali Kota Dumai, Zulkifli Adnan Singkah melalui Asisten III Pemko Dumai, Syamsuddin menyebutkan bahwa panggung seni rakyat merupakan wadah menunjukkan bakat serta kreatifitas yang dimiliki masyarakat khususnya bagi generasi muda.

"Selain menumbuhkan inspirasi dan kreatifitas, hal ini juga dapat dijadikan wadah yang di sekitar ini ternyata masih banyak anak-anak yang berbakat, sehingga hal ini perlu dikembangkan," ujarnya, Jumat (16/8/2019) sore saat membuka panggung seni rakyat dan lomba membuat serta menaikkan layang-layang tingkat sekolah dasar (SD) yang digelar Dinas Pendidikan Kota Dumai.

Menurutnya ini merupakan tanggung jawab semua pihak dalam rangka melestarikan seni budaya, baik itu seniman, budayawan maupun pemerintah.

"Terutama sebagai wujud penghargaan dan kecintaan kita terhadap warisan budaya leluhur,"ungkap dia.

"Tak itu saja sebagai ajang untuk membangkitkan kembali khasanah seni daerah di tengah gempuran budaya dari barat yang kadang tak sesuai dengan budaya daerah kita selaku Bangsa Indonesia,"timpal dia lagi.

Untuk itu, dia berharap seniman, budayawan, cendekiawan, usahawan dan masayrakat untuk pro aktif dalam memprakarsai dan menyokong upaya - upaya pengembangan seni dan budaya melalui berbagai kegiatan

Diantaranya, frekuensi pentas seni dan budaya daerah dalam mengemas seni budaya dan karya yang kreatif ditampil menjadi menarik sehingga pengenalan seni dan budaya bisa diterima masyarakat menjadi diperluas lagi.

“Dengan menyalurkan bakat seni pada tempatnya, dapat menghindarkan dari aktivitas - aktivitas negatif, terutama pada generasi muda kita,"tutupnya.(kll)