Riau

BPBD Riau : Jalan Lintas Riau-Sumbar Paling Rawan Longsor

RIAULINK.com - Tingginya intensitas hujan di Riau dan Sumatera Barat (Sumbar) membuat daerah perbatasan di dua provinsi tersebut rawan longsor.

Setidaknya dalam beberapa waktu terakhir ini perbatasan Riau-Sumbar terjadi longsor. Seperti yang terjadi di Rimbo Data, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar jalan amblas, sehingga arus kendaraan yang melintas terganggu. 

Begitu juga dengan kawasan Rantau Berangin hingga XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Setidaknya, dalam sebulan terakhir, sudah dua kali reruntuhan longsor menimbun badan jalan. 

Demikian disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, Selasa (20/11/2018) di Pekanbaru. 

Dia mengatakan, saat ini daerah-daerah yang berbukit memang rawan terjadi lonsong. Terutama di lintas Riau-Sumbar, tepatnya di wilayah perbatasan. 

"Seperti beberapa waktu lalu longsor di wilayah kita. Tapi kawan-kawan di BPBD Kampar dan pengawas jalan nasional sudah antisipasi untuk membersihkan runtuhan longsor," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger seperti dilansir dari laman cakaplah.com.

Namun lanjut Edwar Sanger, jika terjadi lonsong di wilayah perbatasan, namun sudah masuk Sumbar, Riau siap untuk membantu dalam penanggulangannya.
 
"Penanganan ini karena zona terdekat. 
Jika alat lebih dekat untuk ke lokasi longsor, maka bisa saja dikirimkan dari Riau, kita siap bantu," cetusnya.

Edwar menjelaskan, jalan lintas yang paling rawan longsor tersebut, adalah menuju Sumbar. Sebab jalan melalui kawasan perbukitan, seperti lintas Riau-Sumbar yang melalui Kampar dan Kuansing.

Karena itu, Edwar Sanger mengimbau kepada masyarakat yang hendak bepergian, untuk memperhatikan kondisi cuaca saat melintasi kawasan perbukitan. 

"Kita imbau masyarakat hati-hati, terutama warga Riau yang ke Sumbar. Daerah itu memang rawan longsor dan banjir. Sebelum berangkat agar mengecek kondisi cuaca," imbuhnya. 

Mantan Penjabat Walikota Pekanbaru ini juga menyebut, dalam situasi yang rawan terjadi banjir dan longsor ini, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan Dinas PUPR.

"Kawan-kawan di PUPR juga sudah siagakan alat berat jika sewaktu-waktu terjadi longsor. Kami BPBD Riau juga koordinasi dengan BPBD setempat agar memantau dan meninjau selalu kondisi di lapangan," tandasnya.