Metropolis

Menuju TTG, Meranti Tambah Tiga Posyantekdes Tahun Ini

Sekretaris PMD Edy M Nur (tengah). (Foto: istimewa)

MERANTI, RIAULINK.COM - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kepulauan Meranti Ikhwani melalui Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Meranti H Edy M Nur, menyampaikan, Pos Pelayanan Teknologi Desa (Posyantekdes) di tiga desa di Kabupaten Kepulauan Meranti sudah terbentuk.

"Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kepulauan Meranti pada tahun ini telah membentuk Pos Pelayanan Teknologi Desa di tiga desa," ungkap Edy M Nur.

Dikatakan lelaki berkaca mata ini, dimana tiga desa tersebut diantaranya, Desa Mekar Sari Kecamatan Merbau, Desa Baran Melintang Kecamatan Pulau Merbau dan Desa Sendaur Kecamatan Rangsang Pesisir.

Selain itu, pada tahun 2018 lalu, pihaknya sudah membentuk Posyantekdes di delapan desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Delapan desa tersebut yakni Desa Bina Maju, Desa Kedabu Rapat, Desa Dwi Tunggal, Desa Sungai Tohor, Desa Kundur, Desa Padang Kamal, Desa Sungai Anak Kamal, dan Desa Mengkirau.

"Kita targetkan di setiap desa harus ada Posyantekdes. Karena dimana Posyantekdes ini merupakan tempat inovasi desa yang berkaitan teknologi tepat guna (TTG)," kata Edy.

Pembentukan Posyantekdes dilakukan dalam rangka implementasi Peraturan Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Tranmigrasi nomor 23 tahun 2017 tentang Pengembangan dan Penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa.

"Keberadaan Pos Pelayanan Teknologi di tiap desa dan kecamatan menjadi sebuah kebutuhan," terangnya. 

"Dikarenakan bahwa keberadaan Posyantekdes bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian masyarakat di wilayah kecamatan atau desa melalui pemanfaatan teknologi tepat guna (TTG)," tambahnya

Mantan Camat Pulau Merbau itu berharap dengan dibentuknya Posyantekdes di tingkat desa dapat mampu menumbuhkan kreatifitas bagi masyarakat dalam bidang teknologi yang sangat bermanfaat dalam menunjang kebutuhan bagi khalayak ramai.

"Mudah-mudahan dengan dibentuknya Posyantek ini bisa membawa perubahan dan kemajuan dari segi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun dari segi perekonomian," harapnya.(aldo)