Pendidikan

Murid SDN 010 Banjar Balam Dapat Pencerahan Bahaya Mie Instan

BANJARBALAM, RIAULINK.COM - Tim Pengabdian Universitas Riau dan Universitas Andalas mengadakan kegiatan Sosialisasi Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Bahaya Makan Mie Instan kepada murid SDN 010 Desa Banjar Balam pada Sabtu, 3 Agustus 2019.

Kegiatan tersebut diselenggarakan dalam rangka penerapan pola hidup bersih dan sehat serta bahayanya makan mie instan pada anak-anak. Kegiatan PHBS dan Bahaya Mie Instan ini didukung penuh oleh pihak Sekolah SDN 010 Desa Banjar Balam dan para wali murid.

Kegiatan PHBS ini diawali dengan memasuki tiap kelas pelajar dari kelas 1 hingga kelas 3. “Suatu tindakan hidup bersih dan sehat harus ditanamkan sejak dini agar pelajar di sekolah mengerti akan pentingnya kesehatan dan kebersihan,” ujar Michael Slamat Pardede, selaku pemateri dalam Sosialisasi PHBS dari Mahasiswa Universitas Riau.

Sedangkan Sisri Setiawati, mahasiswi Universitas Andalas selaku pemateri Sosialisasi Bahaya Makan Mie Instan.

Murid SD Negeri 010 Banjar Balam sangat antusias memperhatikan dan mendengarkan Mahasiswa UR dan Unand saat memaparkan materi mengenai jenis-jenis sampah dengan mengapa penting untuk membuang sampah pada tempatnya.

Kemudian, mahasiswa juga menayangkan video terkait PHBS yang menyangkut tentang tata cara cuci tangan dan gosok gigi yang baik benar.

Sisri Setiawati, pemateri dari UNAND,  juga mempraktekkan secara langsung mengenai bahaya mengonsumsi mie instan secara rutin. Selain itu, mahasiswa juga memberikan hiburan kepada pelajar dalam bentuk bernyanyi dan bermain kuis yang menyangkut materi yang telah disampaikan.

“Setelah kegiatan Sosisalisasi PHBS dan Bahaya Makan Mie tersebut, diharapkan siswa/i SDN 010 tidak lagi membuang sampah sembarangan, menerapkan pola hidup bersih, sehat dan tidak makan mie instan banyak-banyak” ujar Yondi Veri, SPd., selaku Guru Penjas SDN 010 Desa Banjar Balam.(*)