Pendidikan

Membanggakan, Dua Pelajar Dumai Lolos Program Siswa Mengenal Nusantara

DUMAI, RIAULINK.COM - Dua siswa Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 dan SMAN 3 Kota Dumai terpilih sebagai peserta program siswa mengenal nusantara (SMN) ke Yogyakarta.

Program itu dilaksanakan rutin setiap tahun yang merupakan kolaborasi antara BUMN dan Dinas Pendidikan Provinsi Riau.

Hal ini disampaikan Kepala SMAN 3 Dumai, Roni Pasla, Senin (5/8/2019) kepada wartawan mengatakan adapun siswanya yang beruntung mengikuti program SMN adalah Rosmita, siswa kelas II IPA SMAN 3 Dumai.

Ia mengaku bangga, ketika anak didiknya begitu beruntung bisa terpilih menjadi salah seorang pelajar yang bisa membawa nama Dumai di kancah nasional.

Menurut Roni, siswa yang ikut program SMN ini nantinya akan diberi pembekalan terlebih dahulu dari Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Kebudayaan Provinsi Riau.

Pembekalan yang diberikan terkait dengan seni budaya, karena kegiatannya berkaitan dengan pertukaran budaya.

"Kegiatan ini sangat berguna untuk membuka wawasan siswa dan siswi sekalian untuk mengetahui bagaimana kondisi budaya di luar Dumai dan Riau," katanya.

Untuk itu, Roni berharap kepada siswanya Rosmita selain ucapan selamat, ia juga mengimbau agar siswanya tidak cepat berbangga diri, namun tekunlah belajar khususnya dalam mempelajari ilmu budaya Provinsi Riau. 

"Dan jangan lupa jaga diri serta jaga nama baik Kota Dumai. Gunakan ilmu yang didapat sebaik mungkin karena nantinya bekal yang diperoleh itu nantinya akan ditampilkan oleh peserta saat berinteraksi dengan semua komponen di provinsi tujuan," tutupnya. (kll)