Serba serbi

Sepi Peminat, PWI Meranti Undur Batas Penyerahan Lomba Karya Tulis

MERANTI, RIAULINK.COM - Dalam rangka memeriahkan Hari Pers Nasional tahun 2019, PWI Kepulauan Meranti menggelar Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) dengan tema Merangkai Pulau Majukan Negeri.

Namun sehubungan masih minimnya peminat, panitia mengundurkan batas waktu penyerahan bahan tulisan yang akan dilombakan.

Bila sebelumnya panitia menyediakan batas waktu hingga tanggal 26 Juli 2019. Namun karena peminatnya minim dilakukan perpanjangan waktu menjadi tanggal 26 Agustus 2019.

Diharapkan perpanjangan waktu ini dapat dimanfaatkan wartawan untuk menyerahkan bahan tulisannya kepada panitia.

Ketua Panitia Pelaksana Hari Pers Nasional (HPN) PWI Kepulauan Meranti, Syamsidir Atan mengatakan, persyaratan teknis untuk mengikuti lomba ini tidak berubah.

Karya tulis harus orisinil dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba. Kemudian harus dipublikasikan di media masing-masing dengan dilengkapi bukti pemuatan dalam bentuk hard copy ataupun soft copy. 

Lebih lanjut diterangkannya, karya tulis sudah bisa dimuat di media masing-masing dan diserahkan kepada panitia berserta biodata pengirim. Mulai dari nama, media tempat bekerja, salinan identitas diri yang sah berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Pers.

"Peserta bebas memilih judul karya tulis yang mendukung tema utama dengan minimal jumlah karakter seribu kata. Panitia tidak memungut biaya alias gratis," sebut Wartawan Koran Pekanbaru MX itu.

Ketua PWI Kabupaten Kepulauan Meranti, Ahmad Yuliar mengajak kepada seluruh wartawan yang bertugas di wilayah tersebut untuk berpartisipasi dalam LKTJ ini. Menurutnya lomba kali ini bukan semata tentang kompetisi, tapi juga sarana bagi wartawan untuk membantu pemerintah daerah dalam menyukseskan program pembangunan.

"Karya tulis kawan-kawan bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Pemkab Kepulauan Meranti dalam membuat kebijakan merangkai pulau untuk membangun negeri. Juga sebagai informasi bagi masyarakat Meranti," jelasnya.

Pria yang akrab disapa Amek ini menekankan kepada para peserta LKTJ agar tulisan yang dibuat mendukung tema yang telah disepakati panitia.

"Diharapkan kepada peserta LKTJ untuk membuat tulisan tidak lari dari konsep Merangkai Pulau Majukan Negeri yang telah disepakati oleh panitia," ujar Amek.(aldo)