Internasional

Sekelompok Muslim Inggris Berangkat Haji dengan Bersepeda

Sekelompok Muslim Inggris bersepeda dari London menuju Mekah

RIAULINK.COM - Sekelompok Muslim Inggris bersepeda dari London menuju Tanah Suci. Saat ini, mereka tengah singgah di Istanbul, Turki.

Kelompok berjumlah 8 orang ini menamakan diri mereka "Tour de Hajj". Sebelum mencapai Tanah Suci, mereka menargetkan akan melewati 17 negara berbeda melewati Suriah dan Irak sebelum akhirnya menuju Mesir dengan pesawat.

“Pada tanggal 7 Juni, kita berangkat dari London dengan sepeda kita. Kita berencana untuk mencapai Madinah setelah perjalanan sepeda yang memakan 60 hari dan jarak 4,000 kilometer,” papar Junaid Afzal salah seorang dari kelompok tersebut.

Afzal mengaku telah niat berangkat ke Tanah Suci dengan bersepeda. Menurutnya, dalam melihat kehidupan segala sesuatunya harus didasari niat. "Dalam Alquran dikatakan ketika Allah SWT berkehendak maka terjadilah," katanya penuh syukur. 

Zain Lambat, anggota lain dari kelompok itu, mengatakan kalau ini adalah hari pertamanya dalam melaksanakan perjalann haji.

“Perjalanan ini penting dalam banyak hal. Kita semua berada di jalan untuk keimanan kita. Kita ketemu orang orang hebat dan kita mempunyai banyak cerita menarik”.

“Alhamdullilah kita memiliki waktu yang hebat sebagaimana kita mengunjungi banyak tempat.”

“Kalau anda memiliki niat baik untuk melakukan ibadah haji, Allah akan membuat jalanmu lebih mudah,” kata Lambat.

Setelah itu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga menyambut Tour de Hajj di istana kepresidenannya yang di Dolmabahce, Istanbul.