Serambi islam

Dibagi Dua Kloter, 215 JCH Dumai Akan Diberangkatkan ke Tanah Suci

DUMAI, RIAULINK.COM - Jamaah calon haji (JCH) asal Dumai ditotalkan sebanyak 215 orang akan melaksanakan pemberangkatan ke Tanah Suci. 

Para JCH dibagi menjadi dua kelomook terbang (kloter) yakni kloter 5 yang diberangkatkan menuju Embarkasi Haji Antara Riau di Kota Pekanbaru pada Senin, 8 Juli 2019 menggunakan bus.

JCH akan diberangkatkan dari Masjid Habiburrahman, Jalan HR Subrantas usai salat subuh berjamaah sekitanya pukul 05.00 WIB.

Kemudian kloter 20, diberangkatkan pada tanggal 23 Juli 2019 mendatang juga dengan tujuan yang sama.

Para jamaah nantinya akan bermalam di Embarkasi Antara Riau terlebih dahulu selama satu malam, sebelum melanjutkan perjalan ke Batam untuk transit pesawat menuju Baitullah guna melaksanakan ibadah haji.

Sementara para JCH diperbolehkan hanya membawa barang bermuatan dengan batas maksimal 32 kilogram (Kg) di dalam koper.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Dumai, H Syafwan, baru-baru ini dalam sambutannya di Balai Sri Bunga Tanjung, Jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur. "Hal ini sesuai dengan ketentuan pusat," ungkap dia, Sabtu (6/7/2019) sore.

Koper haji dibagikan kepada para jamaah, sekaligus diisi dengan acara tepuk tepung tawar.

"Setelah diisi barang bawaan, koper harus diserahkan ke petugas penyelenggara ibadah haji Dumai besok, Minggu, 7 Juli 2019. Selanjutnya koper dibawa ke aula kantor Kemenag yang diserahkan ke petugas," paparnya.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan para JCH diberi buku panduan terkait barang-barang yang tidak boleh dibawa naik ke atas pesawat.

"Seperti cairan mudah terbakar, barang mudah terbakar, barang beracun, radio aktif, dan barang - barang berbahaya lainnya yang tertera di buku petunjuk,"ungkapnya merinci.

"Untuk itu kita mengimbau agar JCH membawa barang-barang yang perlu saja, yang dibutuhkan saat menunaikan ibadah haji," tuturnya.

"Dan semoga selamat sampai tujuan begitu juga sekembalinya dari sana. Tentunya insyaallah menjadi haji mabrur," harapnya.

Laporan : Khallila Dafri