Lifestyle

Perut Kosong, Hindari Beberapa Minuman ini

Ilustrasi.int

RIAULINK.COM - Saat perut dalam keadaan kosong, sebaiknya Anda tidak sembarangan langsung minum. Meski menyegarkan, ada minuman yang justru bisa memicu masalah kesehatan, khususnya masalah pencernaan karena dikonsumsi saat perut kosong.

Dilansir dari Dokter Sehat, berikut adalah minuman-minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut kosong.

1. Jus jeruk
Pakar kesehatan menyebut minuman ini memiliki sifat asam sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan lambung. Bahkan, bagi sebagian orang, mengonsumsinya saat perut kosong akan memicu asam lambung tinggi atau GERD.
Selain jus jeruk, minuman yang terbuat dari buah sitrus lainnya seperti lemon atau jeruk nipis serta buah dengan sifat asam seperti anggur juga bisa memicu masalah asam lambung tinggi.

2. Minuman dingin
Di Indonesia, minuman dingin cenderung digemari oleh siapa saja. Hal ini disebabkan oleh sensasi segar yang disediakan oleh minuman ini. Apalagi jika suhu udara sedang cukup panas. Masalahnya adalah jika dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong bisa menyebabkan masalah perut kembung.
Pakar kesehatan lebih menyarankan konsumsi minuman hangat saat perut kosong demi membuat pencernaan menjadi lebih lancar, membantu sirkulasi darah menjadi lebih baik, dan bisa mendukung kinerja sistem metabolisme tubuh.

3. Kopi
Kopi yang nikmat bisa membantu menghilangkan rasa kantuk dan menambah semangat. Sayangnya, minuman dengan aroma yang khas ini sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat perut masih kosong.


Hal ini disebabkan oleh sifat asam dari minuman ini yang bisa memicu peningkatan asam lambung. Selain itu, kita juga akan lebih rentan mengalami perut mulas setelah meminumnya.

4. Minuman bersoda
Minuman bersoda bisa memberikan sensasi kesegaran yang luar biasa. Banyak orang yang sengaja mengonsumsinya saat perut masih dalam kondisi kosong. Sayangnya, hal ini bisa membuat risiko terkena perut kembung dan kenaikan asam lambung bisa meningkat.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya kandungan gas di dalam minuman ini yang bisa membuat dampak tersebut. Bahkan, jika kita meminumnya dalam jumlah yang banyak, bisa jadi akan mengganggu saluran pencernaan dan meningkatkan risiko terkena kenaikan berat badan atau diabetes.

5. Minuman manis
Minuman manis seperti sirup atau teh dan kopi yang diberi tambahan gula yang tinggi memang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja, namun terbiasa meminumnya saat perut kosong akan membuat perut akan terasa tidak nyaman. Selain itu, konsumsi gula dengan berlebihan telah terbukti mampu meningkatkan risiko terkena diabetes, salah satu penyakit yang bisa meningkatkan risiko kematian dini.

6. Yoghurt
Sebenarnya, yoghurt termasuk dalam minuman yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Sayangnya, mengonsumsi yoghurt saat perut kosong akan membuat perut terasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang cenderung asam sehingga bisa meningkatkan asam lambung bagi sebagian orang.