Lingkungan

Tim Kementerian Kemaritiman RI Sambangi Bengkalis, Tinjau Abrasi yang Terus Terjadi

BENGKALIS, RIAULINK.COM - Bupati Bengkalis yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis H. Bustami HY. menyambut kedatangan Tim Kementerian Kemaritiman Republik Indonesia dengan mengadakan jamuan makan malam bersama bertempat di Wisma Daerah Sri Mahkota, Rabu (4/7/2019) malam.

Rombongan Tim Menko Kemaritiman RI yang diketuai Sri Fatkhiati Sa'diah selaku Kepala Bidang Pengelolaan Kebencanaan Maritim melakukan peninjauan dampak serta solusi terhadap abrasi yang telah terjadi di Pulau Bengkalis sebagai salah satu pulau terluar di Indonesia yang letaknya berada di jalur Selat Malaka sebagai lintas perdagangan tersibuk di dunia.

Peninjauan rencananya akan dilaksanakan hari ini Kamis (4/7/2019) dengan rute laut menggunakan Kapal Elang Laut dari Kota Bengkalis, Desa Meskom, Desa Jangkang dan Desa Selat Baru, setelah itu akan dilanjutkan dengan transportasi darat ke Desa Muntai.

"Selamat datang di Kabupaten Bengkalis Negeri Junjungan buat ketua beserta rombongan Tim Menko Kemaritiman RI, mudah mudahan pertemuan dan kahadiran Bapak/Ibu semuanya membawa keberkahan serta kabar yang baik untuk Negeri Bengkalis yang tercinta ini, " ucap Sekda Bengkalis Bustami.

Pertemuan dan kunjungan ini merupakan tindak lanjut hasil rapat bersama Pemerintah Daerah beberapa waktu di Kantor Menko Kemaritiman RI. Dimana Menko pada waktu itu telah menegaskan agar segera untuk melakukan percepatan penanganan daerah perbatasan ini.

Kabupaten Bengkalis ucap mantan Kepala BPKAD tersebut, ada tiga titik yang sangat signiifikan terjadinya abrasi pantai di Pulau Bengkalis dan Pulau Sumatra kearah barat Kota Dumai (sepahat, tenggayun dll) dan Pulau Rupat.

"Mudah mudahan pertemuan ini membawa keberkahan serta kabar yang baik untuk Negeri Bengkalis yang tercinta ini, " harap Bustami.(fen-uya)