Lingkungan

Titik Api Terdeteksi, Karhutla Kembali Mengancam Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) kembali terjadi di Riau, menyusul munculnya titik api. 

Menurut data Badan Mateorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dari 5 hotspot yang terdeteksi hari ini, dua diantaranya adalah titik api.

"Lima hotspot tersebut berada di Pelalawan," ujar Kasi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Marzuki, Senin (10/6/2019).

Ia mengatakan, dari 5 titik tersebut, dua titik diantaranya dipastikan titik api. Karena keduanya memiliki level konfidence di atas 70 persen.

"Dua titik tersebut berada di Kecamatan Pangkalan Kuras," cakapnya.

Pihaknya terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Sementara itu, untuk prakiraan cuaca hari ini, Riau masih berpotensi diguyur hujan. Namun memang hanya di sebagian wilayah saja.

"Siang hari potensi hujan ringan bersifat lokal terjadi di sebagian wilayah Inhil, Rohil, dan juga Kepulauan Meranti," ungkap Marzuki.

Sementara sore hingga malam cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan. "Dini hari potensi hujan ringan bersifat lokal terjadi di sebagian wilayah Inhil, Inhu, dan juga Kepulauan Meranti," pungkasnya.

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 - 33.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 60 – 97 persen. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 - 30 kilometer per jam.