Riau

Habiskan Waktu Selama Empat Hari, Tim Fasilitator Kecamatan Kateman Rampungkan Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi

Tim Fasilitator Kecamatan Kateman usai melakukan sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Penjuru. (Ist)

RIAULINK.COM, KATEMAN - Habiskan waktu selama empat hari dengan jangkauan akses dari desa kedesa yang terbilang sulit ternyata tak menyurutkan semangat Fasilitator Kecamatan bersama seluruh Pendamping Desa se-Kecamatan Kateman untuk menuntaskan sosialisasi Program Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) Plus Terintegrasi.

Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Sungai Teritip. (Ist)

Dimana diketahui Program unggulan Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) pada periode kepemimpinan periode pertama H.M Wardan yakni Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) yang sudah menggulirkan dana yang cukup besar tampaknya tidak sia-sia.

Tim Fasilitator Kecamatan Kateman bersama seluruh Pendamping Desa usai melakukan sosialisasis DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Sari Mulya. (Ist)

Masuk pada Periode Keduanya, H.M Wardan bersama Syamsudin Uti kembali meluncurkan Program DMIJ Plus Terintegrasi yang mana pada program ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di kawasan perdesaan yang menjadi fokus pelaksanaan program DMIJ Plus Terintegrasi.

Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Tanjung Raja (Ist)

Hal tersebut diungkapkan Fasilitator Masyarakat Pemberdayaan (FMP) Kecamatan Kateman, M. Sahibek didampingi Fasilitator Masyarakat Teknik (FMT) Hafiz Firsada dan Fasilitator Masyarakat Bumdes (FMB), Arie Hidayat dan seluruh pendamping desa se-Kecamatan Kateman usai menggelar sosialisasi Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) Plus Terintegrasi, Sabtu (23/02/2019).

Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Sungai Simbar (Ist)

"Melalui sosialisasi ini kita berharap nantinya seluruh desa yang ada dikecamatan kateman ini mampu mendukung dan mensukseskan program unggulan pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir," Kata Pria yang akrab disapa ibek ini.

Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Makmur Jaya (Ist)

Tak hanya itu, Sahibek juga menyebutkan dari sosialisasi yang dilakukannya, masyarakat turut menyambut baik terhadap program yang diluncurkan pemerintah Kab. Inhil.

"Alhamdulillah, Program DMIJ Plus Terintegrasi mendapatkan sambutan positif dari seluruh masyarakat khususnya seluruh Desa yang ada di Kecamatan Kateman," timpalnya.

Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Kuala Selat (Ist)

Ia juga berharap, Kedepannya seluruh Fasilitator Kecamatan Kateman benar-benar serius untuk melakukan pendampingan atau fasilitasi terhadap desa dampingannya.

"Kita berharap melalui pendampingan/fasilitasi  yang dilakukan kawan-kawan Fasilitator terhadap desa nantinya mampu mandiri mengelola administrasi mulai dari bentuk perencanaan, pelaksanaaan dan pelaporan," pungkasnya.

Peserta yang tampak antusian mengikuti sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Penjuru (Ist)

Pada kesempatan sosialisasi yang dilakukan Fasilitator Kecamatan Kateman di sejumlah desa cukup mendapat respon positif salah satunya Kepala Desa Makmur Jaya, Razali menyebutkan masyarakat harusnya bersyukur atas perhatian Pemerintah yang telah menggelontorkan dana ratusan juta bahkan menembus angka milyaran untuk proses pembangunan didesa.

Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Air Tawar (Ist)

"Apalagi melalui Program DMIJ Plus Terintegrasi ini pemerintah telah menitik beratkan kepada peningkatan ekonomi masyarakat, poin inilah yang harus kita tangkap, bagaimana kedepannya Desa Makmur Jaya bisa ambil bagian dalam pendirian Bumdes, sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat," harapnya.

Lebih lanjut, Kepala Desa Penjuru, Abdul Rahmat ketika dimintai keterangan usai menghadiri sosialisasi mengatakan kesiapannya untuk mensukseskan program DMIJ Plus Terintegrasi.

Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Air Tawar ( Ist)

"Kami berharap melalui DMIJ Plus Terintegrasi ini nantinya, mampu mengangkat harkat dan martabat masyarakat dalam hal perekonomian, apalagi menurutnya, dipenjuru sudah ada Bumdes dan sudah bergerak di Unit simpan pinjam dan Unit jual beli kelapa, dan yg terbaru kerjasma BNI mobile Atm, tak ada alasan kita tidak mendukung program ini," ulasnya.

Tak hanya itu, dukungan dan support juga datang dari Kepala Desa Tanjung Raja, Sunardi ia menyebutkan tertarik atas program DMIJ Plus Terintegrasi, apalagi didalamnya ada program arahan Kepala Daerah mengenai 1 Desa 1 Rumah Tahfiz, Ia berharap melalui program ini nantinya benar-benar mampu mencetak hafiz yang handal.

Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Sari Mulya (Ist)

"Program ini sangat bagus, kalo perlu kita datangkan guru-guru yang profesional dari luar sana dan kita berikan intensif sehingga harapan kita anak-anak kita bisa menjadi hafiz yang handal," cetus pria berkacamata ini.

Tak hanya itu, Kepala Desa Sungai Teritip, M. Qahar berkata, pihaknya mengucapkan syukur atas dana yang telah dikucurkan pemerintah daerah dalam hal peningkatan geliat pembangunan desa, ia berharap masyarakat bisa bahu membahu melaksanakan pengawasan terhadap seluruh bentuk pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah desa.

Sosialisasi DMIJ Plus Terintegrasi di Desa Sungai Teritip (Ist)

"Mengingat kucuran dana yang diberikan pemerintah sangatlah besar, tentunya kami berharap peran Masyarakat agar terlibat dalam perencanaan hingga pengawasan penggunaan dana desa dalam proses pembangunan desa kita ini dan kedepannya pihaknya akan memasang plang rencana kegiatan dan penggunaan anggaran disetiap dusun, sehingga masyarakat bisa memantau secara langsung apa yang akan dan telah di lakukan pemerintah desa," ungkap pria bertubuh besar ini. (***)