Metropolis

Peduli UMKM dan Sumber Daya Lokal, Gubri Syamsuar Terima Penghargaan dari Kompas TV

JAKARTA, RIAULINK.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menerima penghargaan Apresiasi Daerah Peduli Pengembangan UMKM dan Potensi Sumber Daya Lokal dari Kompas TV. 

Penghargaan yang diterima Gubri Syamsuar tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki dalam Hari Ulang Tahun Kompas TV Indonesia 12aya, Senin (11/9/23) malam, di Jakarta. 

Dalam penyerahan penghargaan sempena HUT ke 12 Kompas TV tersebut dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, Mantan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla, Mantan Wakil Presiden Boediono, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Ketua KPU, jajaran Menteri Indonesia Maju, mantan Menteri, sejumlah Duta Besar, serta politikus Indonesia.

Gubernur mengaku terharu dan bangga, atas apresiasi serta penilaian yang diberikan media Kompas.

"Kami sangat terharu dan bangga atas apresiasi dan penghargaan KompasTV terhadap kerja keras kami sebagai Kepala Daerah Peduli Pengembangan UMKM dan Potensi Sumberdaya Lokal. Wujud komitmen kami dalam pembangunan daerah, menjalankan fungsi dan tugas demi kemajuan daerah," ujar Syamsuar

Mantan Bupati Siak dua periode ini mengucapkan Tahniah ulang tahun ke 12 Kompas TV.

"Selamat ulang tahun KompasTV ke 12 yang mengusung tema Indonesia 12aya, capaian luar biasa bagi KompasTV yang senantiasa berkomitmen memberikan referensi utama yang independen dan terpercaya bagi rakyat indonesia dalam menentukan pilihannya di bawah payung "rumah pemilu" ujar Syamsuar

"Terima kasih KompasTV atas penilaian dalam pengamatannya, terima kasih masyarakat Riau," ungkap Syamsuar lagi.

Untuk diketahui, salah satu bentuk komitmen Pemprov Riau dalam mendorong UMKM adalah dengan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang sudah dilaksanakan di Provinsi Riau. 

Dalam kegiatan tersebut, realisasi belanja UMKM, pada rangkaian Gernas BBI dan BBWI Riau, melampaui target yang ditetapkan pemerintah pusat yaitu Rp50 miliar.

Lalu, capaian prestasi UMKM Pemprov Riau melalui biro pengadaan barang dan jasa di Riau sampai dengan Juli 2023, mampu meraup pendapatan sebanyak Rp47 miliar. Sementara melalui BBWI, mampu meraup pendapatan sebesar Rp18 miliar hingga Juli 2023.