Riau

Masyarakat Antusias, Hadiri Acara Penutupan Lomba Da'i Khamtibmas Di Polsek Koto Gasib

Foto bersama Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK (Kemeja Putih dan Kopiah Hitam, Red) dengan Finalis Da'i Khamtibmas Koto Gasib bersama Penghulu se Kecamatan Koto Gasib dan Kapolsek Koto Gasib Ipda Suryawan F

RIAULINK.COM, SIAK - Grand final Pemilihan Da'i Khamtibmas sekecamatan Koto Gasib berlangsung meriah. Seluruh masyarakat Koto Gasib yang hadir tampak sangat antusias menikmati setiap penampilan-penampilan finalis yang bertanding.

Acara grand final pemilihan Da'i Khamtibmas itu dihadiri oleh Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK, Camat Koto gasib yang diwakili Oleh Pjs Kampung Kuala Gasib Muharom S Sos, Anggota DPRD Kabupaten Siak Fairus Ramli S Ag, Penghulu Sekecamatan Koto gasib, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Koto gasib Drs Ahmad Dahyar, Management PT KTU Astra Azra,serta para Da'i dan masyarakat Koto Gasib.

Kegiatan yang bertema Jauhi Narkoba Dengan Berdakwah itu diikuti sebanyak 81 orang peserta, dikarenakan 7 orang peserta didiskualifikasi, total peserta yang mengikuti lomba sejumlah 74 Orang, yang berasal dari seluruh remaja yang berada di Koto Gasib.

Dari pantauaan RIAULINK.com dilapangan, kegiatan tersebut diawali dengan penampilan kolaborasi 4 orang finalis Da'i Khamtibmas. Yaitu Abdul Wardani  utusan SMA Negeri 1 Koto Gasib,
Rizki Ananda utusan Kampung Sri gemilang, 
I' Ocha Arefa utusan Pompes Ittihadul Muslimin, dan Miftahudin utusan Pompes Tafidz Qur'an Al Imam Bukhori.

Usai penampilan kolaborasi tersebut, masyarakat yang hadir dalam acara itu dikejutkan dengan penampilan mengagumkan dari Da'i Cilik Koto Gasib Reskita Amalia Siregar (4). Ia membuat penonton hanyut dalam penyampaian Da'wahnya.

Selanjutnya adalah saat yang sangat ditunggu -tunggu penonton, yaitu pengumuman hasil lomba pemilihan Da'i Khamtibmas tingkat remaja se Kecamatan Koto Gasib yang dibacakan langsung oleh dewan juri Parulian Siregar.

"Kita sangat sulit menentukan pemenangnya, 4 orang ini sangat bagus. Sehingga kita cukup kesulitan menentukan pemenangnya. Namun, setiap perlombaan itu pasti ada pemenangnya," sebut dewan juri.

Dan pada akhirnya,  dewan juri memutuskan juara 1 diraih oleh peserta Riski Ananda dengan nilai 564, disusul juara 2 atasnama I'ocha Arefa dengan nilai 547, dan diposisi ketiga diperoleh Abdul Wardani dengan nilai 538, serta juara harapan satu diberikan kepada Miftahudin dengan perolehan nilai 524. 

" Keempat finalis itu kita berikan hadiah berupa uang saku, sertifikat dan piala. Kedepannya, Insya Allah kegiatan ini akan menjadi agenda rutin Polsek Koto Gasib," sebut Kapolsek Koto Gasib saat ditemui RIAULINK.com disela-sela acara.


Usai pemberian hadiah kepada finalis lomba pemilihan Da'i Khamtibmas, kegiatan tersebut langsung ditutup oleh Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK.

Dalam kata sambutannya, kapolres berpesan dengan adanya da'i Khamtibmas ini, bisa menjadi semangat bagi masyarakat untuk menjauhi narkoba.

"Kegiatan ini sangat bermanfaat. selain menambah ilmu agama da'i ini nantinya yang akan membantu kita untuk mensosialisasiakan tentang bahayanya narkoba," sebut Kapolres.

Kapolres yang berasal dari Bengkulu itupun merasa iri dengan peserta dakwah islam yang dari masa mudanya telah di tanamkan dengan kegiatan-kegiatan agama.

"Terus terang saja, hari ini saya merasa iri dengan adek-adek kita ini, andaisaja dimasa muda saya dulu ada kegiatan seperti ini, mungkin saya yang berasal dari daerah lebong bengkulu ini tidak akan menjadi polisi, mungkin saya akan menjadi ustad," goyon Kapolres Siak tersebut.

Dirinya merasa bangga atas kerja keras jajarannya yang dipimpin Ipda suryawan. Beliau berjanji, kedepannya akan mengadakan pemilihan da'i Khamtibmas tingkat Kabupaten Siak.

"Hari ini saya merasa iri dan bangga atas berhasilnya jajaran kepolisian Sektor Koto Gasib yang telah berhasil menggelar kegiatan pemilihan da'i semeriah ini. Kedepannya, kita juga akan menggelar pemilihan da'i tingkat Polres maupun Kabupaten, saya tidak mau kalah dengan Ipda Suryawan," Ucap Kapolres sembari mengguyon ratusan masyarakat yang tumpah ruah di Makopolsek Koto Gasib.

Usai memberikan kata sambutan, Kapolres Siak  dengan resmi menutup kegiatan lomba Pemilihan Da'i Khamtibmas Tingkat Remaja 2019 se Kecamatan Koto Gasib.

Acara penutupan tersebut diakhiri dengan pembagian puluhan doorprice kepada masyatkat yang hadir. Hingga akhir acara, kegiatan tersebut berlangsung dengan tertib.