Lingkungan

Siang Hingga Sore Hari Hujan akan Mengguyur sebagian Wilayah Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru memprakirakan cuaca Riau, Rabu (17/5/2023). Disampaikan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, dapat disertai petir, dan angin kencang masih berpotensi di wilayah setempat. 

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada siang hingga sore hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," ujar Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru, Anggun. 

Dikatakan dia, pada pagi hari potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Pelalawan, Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti dan Kota Pekanbaru.

Lalu, pada siang hingga sore hari potensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi, Bengkalis, Rokan Hulu, Rokan Hilir, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kota Dumai, dan Kota Pekanbaru. 

"Malam hari hingga dini tak ada potensi hujan, cuaca cenderung cerah berawan," ucap Anggun. 

Disampaikan Anggun, BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir, dan angin kencang.

"Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Kampar, Pelalawan dan juga Rokan Hilir pada pagi, siang dan sore hari," Anggun berujar. 

Suhu udara Riau hari ini berada di angka 22.0 – 35.0 °C dengan kelembapan Udara 50 – 98 %. Sementara arah angin berhembus ke Tenggara – Barat Daya dengan kecepatan 10 – 25 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tanadasnya.