Ekonomi

Alhamdulillah, Gaji Guru Bantu Provinsi Riau di Empat Daerah Ini Cair Besok

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Kabar gembira, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah menyalurkan gaji guru bantu di dua daerah, yakni Kabupaten Siak dan Kota Dumai. 

"Gaji guru bantu provinsi di Kabupaten Siak sebesar Rp1,140 miliar dan Kota Dumai Rp1,464 miliar sudah ditransfer," kata Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Riau, Indra SE, Rabu (29/3/2023).

Selain dua daerah itu, lanjut Indra, gaji guru bantu di Kabupaten Pelalawan dan Indragiri Hulu (Inhu) saat ini dalam proses pencairan. 

"Untuk gaji guru bantu di Kabupaten Pelalawan dan Inhu besok Insya Allah sudah ditransfer. Mungkin minggu ini Kabupaten Kampar juga menyusul," terangnya. 

Sedangkan gaji guru bantu kabupaten kota lainnya, sebut Indra, sampai saat ini pihaknya masih menunggu usulan pembayaran gaji guru bantu dari daerah. 

"Kalau dokumen usulan lengkap, dan disampaikan pagi hari untuk proses pencairan paling lama dua hari kerja," ujarnya. 

Untuk itu, pihaknya mendorong agar pemerintah kabupaten kota segera mengajukan pencairan gaji guru bantu provinsi di daerahnya masing-masing.

"Tentu kita mendorong kabupaten kota segera mengusulkan, kalau sudah diusulkan pasti kita proses segera. Apalagi gaji ini sangat ditunggu oleh para guru bantu di seluruh kabupaten kota," tutupnya.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan (Dikdik) Riau, M Job Kurniawan mengatakan, jika pihaknya telah menyampaikan ke kabupaten kota untuk segera mengusulkan pencairan ganti guru bantu ke provinsi. 

"Kami targetkan sebelum Lebaran gaji guru bantu provinsi ini sudah disalurkan, karena kita sudah minta kepada kabupaten kota untuk segera mengusulkan," terangnya. 

Job Kurniawan yang juga menjabat Asisten II Setdaprov Riau ini menjelaskan, mekanisme pembayaran gaji guru bantu harus ada usulan kabupaten kota ke provinsi. 

"Makanya kami sudah meminta kabupaten kota segera mengusulkan, kalau sudah diusulkan pasti diproses segera. Tapi Insya Allah sebelum Lebaran sudah disalurkan semua gaji guru bantu ini," tukasnya.