Metropolis

Gubernur Riau Surati Perusahaan Angkutan Batu Bara Gunakan Jalur Sungai

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Jalan di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau diduga hancur akibat banyak dilintasi truk pengangkut batu bara. Kondisi ini menjadi atensi khusus Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Orang nomor satu di Riau ini mengaku bahwa pihaknya sudah menyurati pihak perusahaan angkutan batu bara yang melintasi jalan di wilayah setempat. 

"Saya sudah surati perusahaan batu bara, intinya mereka jika mengangkut baru bara harus melalui via sungai. Tidak lagi menggunakan jalur darat," kata Gubri Syamsuar.

Namun demikian, hingga saat ini, permintaan Gubri Syamsuar tersebut nampaknya belum dilakukan oleh perusahaan angkutan batu bara tersebut. Pihaknya menduga, infrastruktur untuk angkutan batu bara lewat sungai belum siap.

"Tapi sekarang belum dilakukan, mungkin sarana dan prasarananya belum siap. Tapi nanti kalau sudah siap, maka mereka wajib menggunakan sungai," ujarnya.

Karena itu, saat kunjungan ke daerah dalam rangka agenda safari Ramadan di Kabupaten Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir. Gubri Syamsuar akan mengecek kesiapan sarana dan prasarana angkutan batu bara via sungai tersebut.

"Nanti akan kami cek langsung, kami kan mau ke daerah juga," sebutnya.

Agar masyarakat saat mudik lebaran nanti tidak terganggu perjalanannya, pihaknya melalui Dinas PUPR PKPP Riau juga akan melakukan perbaikan. Namun, perbaikan ruas jalan tidak melakukan pengaspalan ulang, tapi untuk sementara dilakukan perbaikan secara fungsional terlebih dahulu.

"Akan tetap kami perbaiki, anggarannya kan ada. Minimal fungsional dulu lah," ujarnya.