Lingkungan

BMKG: Hujan Masih Berpotensi Mengguyur Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Forecaster BMKG Pekanbaru, Yasir Prayuna menyampaikan Provinsi Riau, pada Rabu (29/3/2023), masih berpotensi hujan.

Ia menjelaskan, pada pagi hari ini cuaca di Riau memang cerah berawan - berawan, namun berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi di wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, Kuantan Singingi, Siak dan Kota Pekanbaru.

Selanjutnya, siang hingga sore hari kembali cerah berawan-berawan tanpa potensi hujan.

Kemudian, malam harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi di wilayah Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Kuantan Singingi.

Lalu, dini harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi di wilayah Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Rokan Hilir dan Dumai.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu,  Kampar, Bengkalis, Kuantan Singingi, Siak pada pagi dan malam atau dini hari," imbau Yasir.

Sementara itu, untuk suhu udara berada diantara 23.0 – 33.0 °C, dengan kelembapan udara 55 – 99 % dan angin bertiup dari Timur Laut menuju Tenggara dengan kecepatan 10 – 30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m atau rendah," ungkapnya.

Sedangkan untuk titik panas atau hotspot  di Sumatera terpantau Sumatera 34 titik. Yaitu terdeteksi di Bengkulu 3 titik, Sumatera Selatan 1, Kepri 2, Bangka Belitung 16, dan Riau 12.

"Hotspot di Riau ini terdiri dari Bengkalis 1 titik, Pelalawan 2 titik, dan Indragiri Hilir 9 titik," jelasnya.