Riau

Gubernur Syamsuar Ajak Masyarakat Kampar Bayar Zakat

KAMPAR, RIAULINK.COM - Mengingat Kabupaten Kampar merupakan daerah dengan jumlah penduduknya terbanyak nomor dua di Provinsi Riau, maka dari itu Gubernur Syamsuar mengajak masyarakat untuk membayar dan menggerakkan zakat. 

Ajakan tersebut disampaikannya saat melaksanakan safari ramadan di Masjid Al-Ma'arif Desa Binuang, Kecamatan Bangkinang Seberang, Senin (27/3/2023) malam. 

"Apalagi saat ini masih dalam suasana bulan suci ramadan, tentunya masyarakat lebih mudah tersentuh hatinya jika kita ajak untuk membayar zakat dan menggerakkannya," kata syamsuar saat diwawancarai usai safari ramadan. 

Sebagai daerah dengan jumlah penduduk terbesar nomor dua, Gubernur Syamsuar yakin Kabupaten Kampar memiliki potensi yang besar terhadap zakat jika dikelola dengan baik.

"Siak aja dengan penduduk yang jauh lebih sedikit dari jumlah penduduk kabupaten Kampar bisa zakatnya tinggi," ujarnya.

"Zakat di Siak itu tinggi karena kesadaran masyarakatnya yang lebih, jadi kalau di Kampar ini tinggi kesadaran masyarakatnya, tentu Siak akan lebih jauh di bawah daerah ini," terangnya.

Selain itu dengan adanya zakat, masyarakat yang fakir miskin dan kaum duafa bisa terbantu.

"Semoga sentuh hati yang saya sampaikan kepada masyarakat untuk membayar dan menggerakkan zakat ini bisa masif di Kampar," harapnya.

Terkait dengan zakat, esok Gubernur Syamsuar akan beranjak ke Jakarta menghadiri undangan Presiden RI dalam rangka Penyerahan Zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Tahun 2023.

"Besok itu gerakan zakat, ada enam gubernur yang diundang, diantaranya tiga dari Sumatera dan tiga dari Jawa. Adapun daerahnya yaitu Riau, Jambi, Sumatera Utara, Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah," imbuhnya. 

"Setelah Presiden dan Wakil Presiden bayar zakat, nanti akan menyusul Menteri termasuk Gubernur akan membayar zakat yang akan disaksikan oleh Presiden," pungkasnya.