Sosial

Bansos Panti Asuhan di Riau Disalurkan Sebelum Idul Fitri

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau melalui Dinas Sosial (Dinsos) Riau kembali mengalokasikan anggaran bantuan sosial (Bansos) untuk 95 panti asuhan yang ada di Riau. 

Kepala Dinsos Provinsi Riau, Tengku Zul Effendi mengatakan, sebanyak 95 panti asuhan yang mendapat Bansos dari Pemprov Riau terdiri dari panti anak, panti jompo, dan panti disabilitas.

"Tahun ini ada sekitar 95 panti atau Lembaga Kesejahteraan Rakyat (LKS) yang mendapatkan Bansos dari Pemprov Riau. Saat ini sedang dilakukan proses verifikasi faktual oleh tim. Untuk dananya disediakan sekitar Rp28 miliar," kata Zul Effendi, Selasa (21/3/2023).

Lebih lanjut dia mengatakan, dalam kegiatan verifikasi tersebut, tim akan mengecek apakah usulan melalui proposal yang diajukan LKS tersebut sesuai dengan fakta di lapangan. Mulai dari jumlah penghuni panti, umur penghuni panti, hingga memastikan calon penerima bantuan memang berada didalam LKS.

"Jadi akan dicek betul, karena bantuan yang diberikan dihitung berdasarkan penghuni LKS," ujarnya.

Khusus untuk panti asuhan anak, pihaknya memberikan kriteria khusus, yakni yang mendapatkan bantuan maksimal berusia 18 tahun, atau boleh lebih dari 18 tahun namun dengan catatan masih bersekolah tingkat SMA sederajat.

"Jadi akan dicek betul-betul, setelah verifikasi selesai, maka kami akan minta pihak panti untuk mengajukan pencairan bantuan," sebutnya.

Pihaknya menargetkan, pada jelang akhir Bulan April ini verifikasi faktual tersebut sudah selesai. Karena saat ini persentase verifikasi faktual sudah di atas 70 persen, sehingga bantuan dapat segera disalurkan.

"Mudah-mudahan target penyaluran bantuan sebelum Idul Fitri dapat tercapai. Kami nantinya juga akan minta Pak Gubernur Riau Syamsuar untuk menyerahkan bantuan secara simbolis," tutupnya.