Lingkungan

Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Masih Berpotensi Guyur Riau Hari Ini

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprediksi prakiraan cuaca untuk wilayah Riau, pada Selasa (21/3/2023).

BMKG menyampaikan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi di wilayah setempat. 

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan akan kembali mengguyur Riau pada sore hingga dini hari. Hujan bersifat tidak merata hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," kata Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Yasir Prayuna. 

Disampaikan dia, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hinga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir. 

"Potensi tersebut, juga terjadi di Rokan Hulu, Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Bengkalis, Pelalawan, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru. Lalu, Siang hari cuaca cerah berawan, tak ada potensi hujan," ucapnya. 

Dituturkan dia, sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Kampar dan juga Bengkalis.

Kemudian, pada ini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Rokan Hilir dan Kuantan Singingi," sebutnya.

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi tidak merata," ujarnya. 

"Potensi tersebut terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hulu, Bengkalis, Siak, Rokan Hilir, Kampar dan Kota Dumai pada pagi hari," imbuhnya. 

Lebih lanjut disampaikan, bahwa suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 32.0 °C dengan kelembapan udara 60 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 10 – 40 km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," tandasnya.