Lingkungan

Waspada Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi di Perairan Riau

Ilustrasi. (Saleh Tianotak)

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru memprakirakan cuaca di Provinsi Riau secara umum berpotensi hujan pada Rabu (1/3/2023).

Forecaster BMKG Pekanbaru, Bibin S mengatakan bahwa pagi hari ini, cuaca di Riau cerah berawan – berawan, dan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang disebagian wilayah Kota Dumai, Pekanbaru, Kabupaten Bengkalis, Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Kepulauan Meranti, Kampar, Indragiri Hilir dan Rokan Hulu.

"Berlanjut pada siang hingga sore harinya  berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan, Indragiri Hilir, Kampar, Pekanbaru dan Rokan Hulu," jelasnya.

Selanjutnya, pada malam hari, Riau berpotensi hujan Intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Indragiri Hilir, Kampar dan Rokan Hulu.

Lalu, dini harinya berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti.

"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah Rokan Hilir, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti pada pagi, siang atau sore hari," imbaunya.

Kemudian, untuk suhu udara berada diantara 23.0 – 32.0 °C, dengan kelembapan udara 55 – 97 % dan angin bertiup dari barat laut – timur  dengan kecepatan 10 - 50 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m  atau rendah. Waspada potensi gelombang laut yang dapat mencapai ketinggian 1,5 meter di wilayah Perairan Batam dan Riau," imbaunya.

Kemudian, waspada gelombang laut mencapai 2.0 meter di wilayah Perairan Selat Berhala, 2.5 meter di wilayah Perairan Lingga, 3.0 meter di wilayah Perairan Utara Bangka dan  3,5 meter di wilayah Perairan Bintan.

"Waspada juga potensi hujan lebat dan angin kencang di seluruh wilayah Perairan Kepulauan Riau," tukasnya.

Sedangkan, untuk titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera terdeteksi 11 titik, yakni Aceh  1 titik,  Sumatera Utara 9 titik, dan Riau 1 titik di Rokan Hulu.