Lingkungan

BMKG Sampaikan Prakiraan Cuaca di Riau, Cek Disini...

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis prakiraan cuaca di Riau pada Rabu 15 Februari 2023.

Forecaster BMKG Pekanbaru, Yasir mengatakan bahwa pagi hari ini, cuaca di Riau diprakirakan cerah - cerah berawan dan berpotensi hujan Intensitas ringan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, Pelalawan dan Indragiri Hilir (Inhil).

"Sedangkan siang hari ini tidak ada potensi hujan," kata Yasir.

Sementara itu, untuk sore hingga malam harinya berpotensi hujan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Siak, Rokan Hulu dan Bengkalis.

"Untuk dini harinya berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Bengkalis, Kuantan Singingi, Siak, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kampar," jelasnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat waspada terhadap potensi hujan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Kuantan Singingi, Bengkalis, Siak dan Kampar pada sore atau malam dan dini hari.

Kemudian, untuk suhu udara 23.0 – 33.0 °C, dengan kelembapan udara 55 – 99 %. Dimana, arah angin bertiup dari barat laut menuju timur laut  dengan kecepatan 10 - 30 km per jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m  (rendah). Waspada ketinggian gelombang yang dapat mencapai 2 meter di wilayah perairan utara Bangka dan Waspada kecepatan angin yang dapat mencapai 20 knot di wilayah perairan Kepulauan Riau," imbaunya lagi.

Sedangkan untuk titik panas atau hotspot di wilayah Sumatera  terpantau 10 titik. Yaitu, Aceh dan Bengkulu masing-masing 1 titik, Sumatera Selatan 8 titik dan Riau nihil.