Politik

Anies Kantongi Tiket Capres, Koalisi Perubahan Siap Deklarasi

Anies Baswedan di Kabupaten Bandung. ©2023 Merdeka.com/Aksara Bebey

RIAULINK.COM - Bakal calon presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan telah mendapatkan tiket untuk maju di Pilpres 2024. Tiket tersebut diperoleh setelah PKS memantapkan sikap mendukung Anies sebagai capres.

"Hari ini Pak Anies adalah bakal calon presiden yang pertama kali mendapatkan dukungan resmi dalam jumlah yang cukup," kata Perwakilan tim kecil atau utusan Anies Baswedan, Sudirman Said di rumah makan Mang Engking, Kota Tanggerang, Banten, Senin (30/1).

"Ini artinya bahtera perjuangan koalisi perubahan segera bersiap untuk berlayar menempuh berbagai tantangan," sambungnya.

Dia mengungkapkan, ketiga pimpinan partai politik yang tergabung dalam koalisi perubahan diantaranya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu akan bertemu dan menyepakati piagam koalisi.

"Selanjutnya dalam waktu dekat para pimpinan puncak politik akan bertemu untuk menyusun, menyepakati piagam koalisi. Dan dalam waktunya insyaallah akan dilakukan deklarasi bersama seluruh partai politik pendukung Pak Anies Baswedan," ungkapnya.

PKS Dukung Anies

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menegaskan dukungannya terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024. Pernyataan tersebut disampaikan usai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman dan Perwakilan tim kecil Sudirman Said bertemu dengan ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu di Istanbul.

"PKS akan menyampaikan dukungan eksplisit organisatoris kepada Bapak Anies Baswedan sebagai bacapres 2024-2029," kata Wakil Ketua Majelis Syuro, Sohibul Iman, di Rumah Makan Engking, Kota Tanggerang, Banten, Senin (30/1).

Selain dukungan kepada Anies, Salim Segaf dan Ahmad Syaikhu tetap konsisten berada di koalisi perubahan hingga pemilu 2024.

"Sebagaimana saya sebagai ketua tim kecil Anies, PKS konsisten menjadi bagian dari koalisi partai pendukung Anies 2024," imbuhnya.