Peristiwa

Warga Inhil Tangkap Buaya Sepanjang 3,7 Meter Pemangsa Petani

INHIL, RIAULINK.COM - Seorang petani bernama Dahlan (40) tewas diterkam buaya di parit Desa Tekulai Bugis, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Inhil, Eddiwan mengatakan, korban sendiri ditemukan tewas pada Sabtu (21/1/2023). Saat itu, korban hendak mencari kayu bakar untuk bahan pembakaran gula merah di sungai parit.

"Lokasinya berada di pondok tidak jauh dari tepi sungai, mendengar korban berteriak minta tolong di tepi sungai, kemudian istri korban yang mendengar teriakan tersebut langsung menghampiri ke tepi sungai," kata Eddiwan, Selasa (24/1/2023).

Korban tidak terlihat lagi, ia hanya melihat air di tepi sungai keruh. Kemudian warga desa bersama Babinsa melaksanakan pencarian korban yang diduga kuat diterkam buaya.

Selama kurang lebih 5 jam pencarian, korban akhirnya ditemukan di tepi parit yang berjarak 1,5 km dari lokasi kejadian dan korban sudah dalam keadaan meninggal dunia.

"Korban terluka di bagian lengan kanan dan dibawa ke air oleh buaya tersebut sehingga membuat korban meninggal dunia," cakapnya.

Lanjutnya, saat ini buaya tersebut berhasil ditangkap, dan petugas mengimbau agar masyarakat berhati-hati saat melaksanakan aktifitas di sungai.

"Panjang buaya tersebut 3 meter 70 cm dengan diameter 67 cm. Evakuasi buaya berjalan lancar. Kendala yang dihadapi pada saat evakuasi buaya yaitu air sungai yang cukup deras dan hujan dan banyak binatang tawon di lokasi sehingga ada beberapa orang anggota yang tersengat ketika lampu senter dihidupkan," ungkapnya.

"Kami dari tim mengingatkan masyarakat agar berhati-hati ketika beraktifitas di sungai tersebut karena berdasarkan kondisi lapangan masih ada 1 atau 2 ekor lagi buaya yang masih berkeliaran," tutupnya.**