Lingkungan

BMKG: Hujan Masih Berpotensi Mengguyur Riau

PEKANBARU, RIAULINK.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru merilis data prakiraan cuaca di wilayah Riau, Selasa (24/1/2023). Dilaporkan, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi mengguyur Riau. 

"Hujan sudah mengguyur Riau sejak pagi hari dan masih akan berlangsung hingga dini hari. Hujan tidak merata, hanya terjadi di sebagian wilayah Riau saja," kata Anggun, Forecaster on Duty BMKG stasiun Pekanbaru Anggun. 

Disampaikan dia, pagi hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Kampar, Rokan Hilir, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan dan Indragiri Hilir.

Kemudian, pada siang hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di sebagian wilayah Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan, Indragiri Hulu dan juga Indragiri Hilir. 

"Sore hingga malam hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang di hampir seluruh wilayah Riau," ucapnya. 

Lalu, kata Anggun, pada dini hari potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kota Pekanbaru, Kota Dumai, Kabupaten Rokan Hilir, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, Pelalawan dan juga Indragiri Hilir. 

"BMKG mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang," ujarnya. 

Dijelaskan dia, potensi itu bisa terjadi di sebagian wilayah Pelalawan, Kota Dumai, Bengkalis, Siak, Kepulauan Meranti dan Indragiri Hilir pada Pagi, sore, malam dan dini hari," ucapnya.

Lebih lanjut disampaikan, suhu udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 31.0 °C dengan kelembapan Udara 60 – 99 %. Sementara arah angin berhembus ke Barat Laut – Timur Laut dengan kecepatan 10 - 30 Km/jam.

"Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter," pungkasnya.