Tabuhan Gendang PB ISSI Pusat,

Tour de Siak 2022 Resmi Dibuka, Ribuan Warga Padati Lapangan Siak Bermadah

SIAK, RIAULINK.COM - Iven balap sepeda bertaraf internasional, 'Tour de Siak' Riau tahun 2022 resmi dibuka Ketua Umum PB ISSI Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo yang diwakili Wakil Ketua Bidang Hukum PB ISSI Brigjen Pol Suyudi Aryo Seto, di Halaman Siak Bermadah depan Istana Siak, Kamis 1 Desember 2022 malam.

Pembukaan Tour De Siak yang ke 8 (delapan) kalinya itu, ditandai dengan tabuhan gendang serentak yang ditabuh Brigjen Pol Suyudi Aryo Seto, Bersama Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Kapolda Riau Irjen M Iqbal, Bupati Siak Alfedri, Wakil Bupati Siak Husni Merza, dan Ketua DPRD Siak Indra Gunawan.

Tabuhan gendang para pemangku jabatan itu, disambut dengan Pesta kembang api dan riuhnya jutaan tepuk tangan penonton yang hadir.

Dalam sambutannya, Sayudi menyampaikan pesan Ketua Umum PB ISSI Jendral Pol Listyo Sigit Prabowo agar Kapolda dan Kapolres di setiap daerah bekerjasama dengan pemerintah untuk mendukung kegiatan balap sepeda.

"Pak Ketum PB ISSI yang juga Kapolri mengarahkan Kapolda menjadi unsur pembina PB ISSI di provinsi dan Kapolres di kabupaten. Kemudian, bersama pemerintah daerah mendukung kegiatan balap sepeda," kata Sayudi.

Waketum PB ISSI itu juga menyampaikan, bahwa ada perasaan bangga ketika menerima surat dari Gubernur Riau terkait kesediaan menghadiri event Tour de Siak ke 8 Tahun 2022 ini.

Ia menyebutkan, kebahagiaan bertambah ketika melihat isi suratnya bahwa event ini terselenggara atas kerjasama antara Pemerintah Provinsi Riau, pemerintah kabupaten dengan Polda Riau.

"Kerja sama tersebut tentunya dianggap lebih baik lagi jika unsur kepolisian ikut menjadi pengurus di wilayah masing-masing," ucapnya.

Dia berharap, pelaksanaan Tour de Siak 2022 ini dapat dimanfaatkan pemerintah daerah untuk kembali mempromosikan sektor pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat, pasca pandemi Covid-19.

"Semoga TdS tahun 2022 ini memberi berkah untuk sektor pariwisata Riau, khususnya Siak. Dan ekonomi masyarakat kembali menggeliat, pasca pandemi Covid-19 melanda negara kita sejak awal tahun 2022 lalu," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Riau Drs H Syamsuar, M,SI berjanji, pelaksanaan Tour de Siak tahun depan akan lebih meriah lagi. Bahkan, Pemprov Riau telah berencana untuk menambah lintasan balapan (etape) ke sejumlah daerah, seperti Kampar, Dumai dan Bengkalis.

"Beberapa waktu lalu kita sukses menggelar Tour de Muara Takus di Kampar. Tahun ini TdS melewati Siak, Pelalawan dan Pekanbaru. Tahun depan kita tingkatkan lagi ke Kampar, Dumai dan Bengkalis," ungkapnya.

Mantan Bupati Siak 2 periode itu juga menjelaskan, kegiatan Tour de Siak merupakan salah satu upaya Pemprov Riau untuk mendorong sektor pariwisata dan meningkatkan ekonomi masyarakat, pasca pandemi Covid-19.

"Saya ucapakan terima kasih kepada Pak Kapolda beserta jajarannya yang sejak awal terus membantu kegiatan TdS ini. Semoga TdS ini memberi manfaat bagi masyarakat dan pariwisata Riau semakin terkenal," sebutnya. 

Sementara itu, Bupati Siak Alfedri menjelaskan, Tour de Siak tahun 2022 ini merupakan iven yang ke-8 kalinya di gelar, sejak dimulai pada tahun 2013 lalu. Meski sempat vakum di tahun 2020 dan 2021 akibat pandemi Covid-19, di tahun 2022 ini TdS dapat kembali digelar.

"Bahkan, TdS tahun ini kita bekerjasama dengan Pemprov Riau. Etape yang dilewati pebalap juga berbeda dari TdS sebelumnya. Sebab, etape 2 start dari depan Istana Siak dan finish di depan Kantor Gubernur Riau di Kota Pekanbaru," jelasnya.

Disampaikannya, TdS tahun 2022 ini diikuti sebanyak 13 team dari 5 negara, yakni Singapura, Filipina, Malaysia, Brunai Darussalam dan tuan rumah Indonesia.

"Ada sebanyak 3 etape yang akan dilalui oleh para pebalap. Dimana, etape 1 yang diberi nama Siak City Race, pebalap akan mengelilingi Kota Siak dengan jarak tempuh sepanjang 85 km. Selanjutnya di etape 2 (kedua) para pebalap mulai start di depan Istana Siak menuju Kota Pekanbaru sejauh 120 km. Kemudian etape 3 mengelilingi Kota Pekanbaru, dengan jarak tempuh sepanjang 110 kilometer," terangnya.

Dihadapan ribuan masyarakat yang hadir, Bupati Alfedri berharap, Tour de Siak dapat terus melebarkan sayapnya hingga dilaksanakan di mancanegara.

"Mudah-mudahan tour de Siak ini etapenya dapat bertambah, hingga menyeberang ke negeri Jiran," imbuhnya.

Usai pembukaan, ribuan warga bak lautan manusia yang menghadiri acara pembukaan TdS 2022 itu tampak bersuka cita menikmati hiburan dari Group Band Repvblik dan aksi kocak Group Orkestra Melayu Lebah Bergantung yang menjadi bintang tamu di malam grand opening Tour de Siak tahun 2022.