Internasional

Elon Musk Sebut Uji Coba Pasang Chip ke Otak Manusia Enam Bulan Lagi

Elon Musk Sebut Uji Coba Pasang Chip ke Otak Manusia Enam Bulan Lagi elon musk. ©AFP

RIAULINK.COM - Orang terkaya di dunia asal Amerika Serikat Elon Musk mengatakan dia berharap chip otak nirkabel yang dikembangkan perusahaan Neuralink miliknya akan menjalani uji klinis pada manusia dalam waktu enam bulan lagi.

Neuralink selama ini mengembangkan chip otak yang nantinya bisa dipasang di otak pasien disabilitas agar mereka bisa bergerak dan berkomunikasi lagi. Menurut Musk chip itu juga akan bisa mengembalikan mata pasien yang buta.

Dilansir dari laman Reuters, Kamis (1/12), perusahaan yang bermarkas di San Fransisco Bay Area, Texas, itu selama beberapa tahun terakhir menguji coba produk mereka terhadap binatang seraya meminta persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) untuk melakukan uji klinis terhadap manusia.

"Kami ingin sangat-sangat berhati-hati dan memastikan ini akan berfungsi sebelum memasang sebuah perangkat chip ke manusia," kata Musk dalam paparan teranyar perkembangan chip buatan perusahaannya.

Dua orang yang akan dijadikan target pemasangan chip Neuralink ini akan membuat orang itu bisa melihat dan menggerakkan anggota tubuh yang sebelumnya tidak bisa, kata Musk.

"Bahkan jika orang itu buta sejak lahir, kami yakin kami bisa mengembalikan penglihatannya," kata dia.

Presentasi publik terakhir dilakukan Neuralink berlangsung setahun lalu melibatkan seekor monyet yang dipasangi chip di otaknya dan mampu bermain game komputer dengan berpikir sendiri.

Musk ingin mengembangkan sebuah chip yang bisa membuat otak mengendalikan perangkat elektronik rumit dan nantinya bisa membuat orang disabilitas kembali memiliki fungsi motorik dan mengobati penyakit seperti Parkison, dementia dan Alzheimer.