Tanam Ribuan Bibit Pohon,

Kodim 0314 Inhil Ikut Program Penghijauan Secara Serentak di Wilayah Korem 031 Wira Bima

INHIL, RIAULINK.COM - Komando Distrik Militer (Kodim) 0314/ Inhil ikut melaksanakan pembukaan Program Penghijauan Secara Serentak di Wilayah Korem 031/ Wira Bima, Kamis (1/12/2022). Kegiatan ini kerjasama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) Inhil dan KPH Mandah.

Dalam pelaksanaan pembukaan kegiatan yang bertemakan 'Bersama Lestari kan Bumi Indonesia, Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat' yang digelar secara video conference yang dipusatkan di Bandar Laksamana Indragiri Parit 8 Tembilahan Hulu ini dihadiri Dandim 0314/ Inhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid SE MTr (Han), Bupati Inhil diwakili Asisten I Drs H Tantawi Jauhari MM, Wakil III DPRD Andi Rusli, Kapolres Inhil diwakili Kasat Lantas AKP Eri Asman SH.

Dan Kajari Inhil diwakili Kasubsi Intel, Jodi Kurniawan SH, Kadishub Inhil Indrawansyah Syarkowi SE MSi, Ketua Persit KCK Kodim 0314/Inhil Fany Nahruddin Roshid, Kepala UPT PKH Mandah Joko, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Inhil serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Danrem 031/ Wira Bima Brigjen TNI Parlindungan Hutagalung SAP mengatakan, dalam pelaksanaan ini memberikan apresiasi kepada pemerintah Provinsi Riau, PT Pertamina Hulu Rokan, BI Provinsi Riau dan Rimba Satwa Foundation (RSF) yang telah mendukung penuh launching Penghijauan Serentak Tahun 2022 pada hari ini sebagai upaya turut melestarikan hutan di Bumi Lancang Kuning ini. 

Ditambahkan Danrem 031/Wira Bima, bahwasanya kegiatan launching penghijauan yang dilaksanakan secara serentak di tiap Kabupaten/ Kota se-Provinsi Riau ini merupakan bentuk kepedulian kita semua dalam rangka melakukan perbaikan lingkungan.

"Sehingga dapat menjadi contoh kepada masyarakat, khususnya generasi muda Riau agar timbul kesadaran untuk menjaga dan memelihara kelestarian lingkungan hidup, karena alam yang terpelihara dengan baik akan membawa manfaat bagi kita semua," harapnya.

Untuk itu, melalui penghijauan ini menjadi bukti nyata dan komitmen kita bersama untuk ikut berperan dalam upaya mencegah terjadinya abrasi, konservasi keanekaragaman hayati, penyerapan karbon dioksida di atmosfer untuk mengantisipasi dampak perubahan iklim, ikut berpartisipasi terhadap kebutuhan pangan, energi dan ketersediaan air demi kesejahteraan masyarakat serta kelangsungan hidup flora dan fauna.

"Saya berharap Gerakan Penghijauan ini tidak hanya sampai disini, tapi terus berkembang dengan mengajak seluruh masyarakat, khususnya generasi muda, untuk mempopulerkan gerakan penghijauan dan semoga gerakan penghijauan ini dapat terus berlanjut dan memiliki manfaat besar," imbuhnya.

Guna meningkatkan partisipasi serta kesadaran semua pihak terutama generasi muda untuk menanam dan memelihara pohon sebagai bagian dari sikap atau budaya bangsa yang melekat pada kehidupan sehari-hari. Paling tidak, kampanyekan gerakan menanam pohon produktif di sekitar tempat tinggal masing-masing.

Untuk diketahui bersama, dalam kegiatan launching penghijauan saat ini, ada 21,5 hektar lahan yang tersebar di Delapan Kodim jajaran Korem 031/Wira Bima dan akan ditanami sebanyak 5.530 tanaman dari berbagai jenis tanaman, dimana sebagian besar merupakan tanaman yang tidak disukai gajah  seperti tanaman jengkol, petai, trembesi, matoa dan jenis tanaman lainnya.

Semoga pohon yang kita tanam ini, dapat tumbuh subur dan menghasilkan manfaat serta membawa kemaslahatan bagi kehidupan kita bersama.

Sedangkan Dandim 0314/ Inhil Letkol Arh M Nahruddin Roshid SE MTr (Han) mengatakan, kegiatan Penghijauan Serentak di seluruh Provinsi Riau yang diikuti oleh 8 Kodim yang ada di Provinsi Riau dan disiarkan secara langsung dan Vidcon di seluruh Kodim yang ada di jajaran Korem 031/ Wira Bima. Dalam kegiatan ini ditanam lebih kurang sebanyak 1.300 pohon-pohon produktif maupun pohon-pohon hutan.

"Diharapkan dengan adanya penghijauan tersebut, diikuti juga dengan kegiatan-kegiatan lain seperti merawat dan penghijauan penghijauan laut lanjutan sehingga pesan yang mau disampaikan untuk menjaga lingkungan hidup dapat tercapai," tegas Dandim.***