Ekonomi

Tok! APBD Rohil 2023 Disahkan Rp2,1 Triliun

ROHIL, RIAULINK.COM - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir, menggelar Rapat paripurna dalam rangka penyampaian laporan pembahasan ranperda tentang APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2023 oleh Badan anggaran, sekaligus pengambilan keputusan, Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Sidang Utama Kantor DPRD Rohil Jalan Kompleks Batu Enam Bagansiapiapi, Rabu (30/11/2022).

Rapat dipimpin oleh ketua DPRD Rohil Maston, Didampingi Wakil Ketua l Abdullah, Wakil Ketua ll DPRD Rohil Basiran Nur Efendi SE, M.IP, dan Wakil Ketua lll Hamzah, SH MH, Anggota DPRD Rohil, Sekretaris DPRD Rohil Sarman Syahroni ST, M.IP dan Kabag Persidangan DPRD Rohil Julianda, Ssos.

Sementara dari pemerintah daerah dihadiri oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman SS MH, Sekretaris daerah Rohil Drs H Fery Hendra Parya, Para Asisten, Kepala OPD serta Kabag.

Ketua DPRD Rohil Maston dalam pidatonya menjelaskan, bahwa pembahasan atas Rancangan Peraturan daerah Kabupaten Rokan Hilir tentang APBD Tahun Anggaran 2023 yang diajukan oleh pemerintah daerah sesuai ketentuan pasal 18 peraturan DPRD kabupaten Rokan hilir No 1 Tahun 2019 Tentang tata tertib, telah dilaksanakan oleh DPRD melalui badan anggaran dan komisi komisi dengan pihak pemerintah melalui tim anggaran pemerintah daerah untuk mendapatkan persetujuan bersama.

Adapun rancangan Tahun 2023 yang dibahas adalah sebagai berikut:
- Pertama Pendapatan daerah sebesar Rp 2.148.166.099.483.
- Kedua Belanja daerah sebesar Rp.2.214.150.000.000.
- Ketiga pembiayaan daerah diperkirakan sebesar Rp.65.983.900.517.

Tahapan pembicaraan atas pembahasan RAPBD kabupaten Rokan hilir sesuai pasal 10 peraturan DPRD kabupaten Rokan hilir No 1 Tahun 2019 tata tertib dengan berpedoman pada peraturan menteri dalam negeri No.84 Tahun 2022 tentang pedoman penyusunan anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun anggaran 2023, Telah memasuki pembicaraan tingkat 2 dan merupakan tahap akhir pembahasan yang berisi rangkaian kegiatan antara lain, adalah:

1. Penyampaian laporan yang berisi proses pembahasan pendapatan fraksi dan hasil pembahasan tingkat l oleh badan anggaran dan komisi komisi.

2. Permintaan persetujuan secara lisan dari pimpinan rapat kepada anggota dalam rapat paripurna.

3. Pendapat Akhir Bupati.

" Badan anggaran dan komisi komisi telah melakukan pembahasan atas RAPBD kabupaten Rokan hilir Tahun Anggaran 2023, baik secara internal maupun bersama dengan tim anggaran pemerintah daerah dan OPD dilingkungan pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dari Tanggal 29 Nopember 2022 sampai dengan tanggal 30 Nopember 2022," Ujarnya.

Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP Dalam Sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh anggota DPRD kabupaten Rokan hilir yang telah bekerja selama ini membahas bersama tim anggaran pemerintah daerah.

"Dengan telah disetujui APBD untuk Tahun 2023 kami selaku pemerintah daerah mengucapkan Terima kasih kepada seluruh anggota DPRD Kabupaten Rokan Hilir yang telah  bekerja selama ini untuk membahas bersama tim anggaran pemerintah daerah, Alhamdulillah, artinya malam ini telah selesai disahkan tinggal nanti verifikasi dari provinsi, mudah mudahan secepatnya, kita juga berusaha menjalankan ini secepatnya," Ucapnya