Metropolis

Pebalap Sepeda Tour De Siak ke-8 Mulai Berdatangan, Ratusan Personil Polisi Disiagakan

Seribuan personil kepolisian bersama TNI, Dinas Perhubungan dan satpol PP melakukan apel persiapan pengamanan tour de siak ke 8 2022

SIAK, RIAULINK.COM - Pembukaan iven balap sepeda bertaraf internasional Tour de Siak ke-8 bakal dibuka pada 1 Desember 2022 di lapangan Siak Bermadah, Siak, Provinsi Riau.

Beberapa orang pebalap bersama tim dari mancanegara seperti Filipina dan Brunei darussalam dikabarkan sudah tiba di Siak, Sejak Selasa 29 November 2022 kemarin.

Pada event Tour de Siak tahun ini, tercatat total sebanyak 13 tim yang akan ambil bagian. Dengan rincian 5 tim dari luar negeri, dan 8 tim dari dalam negeri.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Siak, Romy Lesmana Dermawan, melalui Kabid Informasi Komunikasi Publik, Aris Darma menyampaikan, dua tim dari negara Filipina dan Brunei Darussalam sudah tiba di Siak, sedangkan beberapa tim lainnya sedang diperjalanan dari Kota Pekanbaru menuju ke Siak.

"Alhamdulillah, dua tim dari Filipina dan Brunei Darussalam sudah di Siak sejak semalam bang, tim lainnya insyaallah hari ini sudah tiba di Siak," ungkapnya Kepada awak media Rabu 30 November 2022.

Ia menjelaskan, untuk persiapan sudah mencapai 95 persen, sementara grand opening ceremony dijadwalkan dilaksanakan pada Kamis 1 Desember 2022 pukul 20.00 WIB di panggung Siak Bermadah. 

"Alhamdulillah persiapan sudah 95 persen bang, insyaallah hari ini semuanya sudah clear. Malam grand opening akan dilaksanakan pada Kamis malam pukul 20.00 WIB besok," terangnya.

Sementara itu, di lapangan Siak bermadah, tampak ratusan personel kepolisian bersama dinas perhubungan dan Satpol PP kabupaten Siak melaksanakan apel persiapan pengamanan tour de Siak 2022.

Kegiatan itu tampak dipimpin oleh Kapolda Riau Irjen Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H, yang diwakili oleh Irwasda Polda Riau Kombes pol Hermansyah, SH, SIK, MH, di dampingi oleh Karo ops Polda Riau, Kombes Pol R.Kasero Manggolo, MH, M,Si, dan Kapolres Siak AKBP Ronald Sumaja SIK. 

Usai memberikan pengarahan kepada ratusan personel dalam persiapan pengamanan tour de Siak tahun 2022 ini, Kombes pol Herwansyah, SH, SIK, MH, mengatakan Iven tour de Siak tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Maka dari itu, pihak kepolisian akan memberikan pelayan ekstra terhadap pengaman Iven bertaraf internasional tersebut.

"Iven tahun ini sangat berbeda dengan tahun sebelumnya. Setelah menyelesaikan etape pertama yakni Siak city race, para pebalap melanjutkan perjalanan di etape kedua melintasi Kabupaten Pelalawan dan finis di Pekanbaru. Ini menjadi pengaman yang sangat serius, lebih kurang dua ribuan personel akan turun mengamankan jalannya iven ini," terangnya.

Lanjutnya menjelaskan, iven tour de Siak tahun 2022 ini juga merupakan ajang mempromosikan tempat-tempat wisata serta trek-trek bagus untuk bersepeda bagi para pebalap internasional. Sehingga dalam iven ini para pebalap yang mengikuti dapat langsung mengajak rekan-rekannya untuk datang ke Riau.

"Ini juga merupakan ajang promosi daerah, dimana nantinya para pebalap mancanegara ini akan disuguhkan dengan tempat-tempat dan trek yang bagus di Riau ini, sehingga dapat menarik wisatawan mancanegara lainnya untuk ke Riau ini, tentunya pengamanan ekstra akan dilakukan demi mensukseskan Iven mencanegara ini," jelasnya.

Tentang kabar hadirnya Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI)  di malam Opening Ceremony Tour De Siak 2022 itu, pihaknya belum dapat memastikan.

"Untuk panitia sendiri informasinya sudah mengundang pak Kapolri untuk hadir bersama-sama di malam Opening Ceremony Tour De Siak 2022 ini, namun demikian kita masih menunggu jawaban dari pusat terkait kabar atas kehadiran bapak Kapolri," pungkasnya.

Diketahui, Jadwal Tour de Siak 2022 dimulai dari Kamis, 1 Desember 2022 dengan menggelar kegiatan funbike pada pukul 07.00 WIB. Kegiatan ini melibatkan masyarakat luas, mulai dari anak-anak hingga para emak-emak dan bapak-bapak. Kegiatan ini akan diikuti oleh Bupati Siak Alfedri, beserta Forkopimda Kabupaten Siak.

Setelah itu akan digelar parade atlet di lapangan Siak Bermadah, depan istana Siak, yang mana Para pebalap akan ditampilkan di pentas Siak Bermadah untuk memperkenalkan diri kepada masyarakat.

Pada malam harinya, pukul 19.00 WIB bupati Siak dijadwalkan akan menggelar gala dinner bersama atlet, official, PB ISSI, Gubernur Riau Syamsuar dan rombongan serta Forkompinda Siak.

Pada malam itu sekaligus diadakan opening ceremony balap sepeda Tour de Siak. Malam pembukaan juga akan dimeriahkan oleh dua artis papan atas yaitu Orkes Melayu LebahBegantong dan band Repvblik.

Pada 2 Desember, saatnya untuk memulai balapan untuk etape I (pertama). Start dilaksanakan di depan Istana Siak seusai salat Jumat. Etape I ini akan mengitari kota Siak dengan nama etape Siak City Race.

Para pebalap beradu cepat selama 5 lap pada lintasan ini. Lima lap tersebut menempuh jarak total sepanjang 85 Km, dan finish di depan RSUD Tengku Rafian Siak.

Setelah di garis finish, para juara langsung naik podium dan konferensi pers. Kemudian para pebalap kembali ke penginapan untuk istirahat dan mempersiapkan diri untuk etape II (kedua).

Pada 3 Desember 2022, etape II (kedua) dimulai. Start dari depan Istana Siak pada pukul 11.00 WIB. Pebalap akan melintasi jalan Siak -Dayun- Lubuk Dalam, Simpang Perak Kabupaten Pelalawan, Harapan Raya dan finish di depan kantor gubernur Riau, Pekanbaru. Etape ini tercatat sepanjang 130 Km.

Sementara Pada tanggal 4 Desember 2022, pebalap akan berlaga untuk etape III atau terakhir Tour de Siak. Etape terakhir ini adalah etape dalam kota Pekanbaru atau Pekanbaru City Race dengan panjang etape 120 Km.