Sosial

MPC PP Inhu Kembali Bantu Pengobatan Warga Kurang Mampu, Indra King: Ini Bentuk Kepedulian Kita Terhadap Sesama

Keterangan Foto: Ketua MPC PP Inhu, Indra King, ST, MM.

INHU, RIAULINK.COM - Ketua MPC (Majelis Pimpinan Cabang) Pemuda Pancasila Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, kembali memfasilitasi warga kurang mampu yang sangat membutuhkan ukuran tangan untuk biaya pengobatan.

Dia adalah Traminah (59), warga Desa Buluh Rampai, Kecamatan Seberida, Inhu. Ibu Traminah diketahui menderita penyakit kanker payudara (Carcinoma mammae).

"Iya, kemaren yang bersangkutan sudah kita fasilitasi untuk mendapatkan perawatan medis di RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. Begitu kita tujuk, alhamdulillah langsung ditangani oleh tim dokter."

Demikian diungkapkan Ketua MPC PP Inhu, Bung Indra King, kepada RiauLink.com, Senin (28/11/2022) malam. 

Dan saat ini sebut Indra, pasien tersebut sedang ditangani oleh dokter ahli bedah Onkology. Yang bersangkutan, direncanakan untuk menjalani kemoterapi kanker payudara dengan siklus ditentukan.

"Untuk biaya pengobatan, ibu Traminah ditanggung BPJS Kesehatan. Namun, lantaran pasien dan keluarga tidak memahami jalur yang harus ditempuh, kita dari MPC PP Inhu membantu memfasilitasi dengan berkoordinasi dengan saudara Idris yang merupakan seorang rekawan Kesehatan," ujar Indra.

 Selain relawan kesehatan, Bung Idris sendiri merupakan BSPN PDI Perjuangan Kota Dumai. "Begitu kita sampai di Pekanbaru, tim langsung berkoordinasi dengan Dokter Salamullah, selaku selaku Kepala Bedah Onko (surgycal). Dan dokter memutuskan bahwa, terhadap pasien akan ditangani dengan pola kemoterapi dengan siklus ditentukan," tutur Indra.

"Terimakasih saya ucapkan kepada tim yang ada, terutama Bung Idris selaku relawan kesehatan, dan BSPN PDI Perjuangan yang selalu siap dan tulus dalam menolong sesama," tandas Indra.

Sementara itu, Bung Idris menyebutkan bahwa pasien seharusnya dioperasi dengan pembiayaan sebagai pasien umum, namun atas edukasi yang dilakukan sehingga penindakan medis terhadap pasien dilakukan dengan kemoterapi, sehingga bisa ditanggung BPJS Kesehatan.

"Jika pasien dioperasi, tentu tidak ditanggung BPJS Kesehatan dan biayanya cukup besar, sehingga kita coba konsultasikan dengan pihak RSUD untuk dilakukan kemoterapi," beber Idris.

Sebagai mama diketahui, upaya kerjasama MPC PP Inhu dengan relawan kesehatan dan pihak RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru ini, dalam membantu warga kurang mampu sudah berjalan beberapa kali, dan mendapatkan pelayanan yang memuaskan. (*)